Susu Kental Manis Layak Konsumsi

SKM itu produk pangan yang ada kandungan susu dan lemak yang aman dikonsumsi.

SEMARANG- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan produk susu kental manis (SKM) merupakan kebutuhan pangan yang layak beredar di pasaran.

makanan penangkal jerawat
Ilustrasi susu. Foto: metrojateng.com/domain publik

Pelaksana Tugas Kepala BPOM Jawa Tengah, Zeta Rina Pudjiastuti mengatakan, sesuai Peraturan Kepala BPOM Nomor 31 Tahun 2018 mengenai label pangan olahan, produk-produk SKM menjadi salah satu kebutuhan pangan yang telah memenuhi standar gizi yang lolos uji laboratorium dari BPOM.

“Dalam kandungan produknya terdapat nilai susunya dan ada lemak susu juga dengan kategori standar gizi sekitar 8 persen,” ujar Zeta, saat ditemui di kantor DP3AKB Jateng, Jalan Pamularsih Semarang, Selasa (30/10/2018).

Menurutnya SKM yang beredar di pasaran masih memenuhi syarat untuk dikonsumsi masyarakat.

Dalam kasus peredaran SKM, ia pun berupaya memfasilitasi para pelaku usaha makanan dan minuman untuk memperjelas jenis produknya. Hal ini untuk meminimalisir penipuan yang dialami konsumennya.

“Sehingga pelaku usahanya juga bisa berkembang lagi,” ungkapnya.

Lebih jauh lagi, ia menyatakan banyak produk pangan yang telah lolos uji dari pihaknya. Kategorinya pun sangat banyak bergantung gizi yang ada dalam masing-masing produk.

Ia menyayangkan dengan iklan SKM yang berkembang di medsos cenderung keliru menginformasikan kepada masyarakat.

“Kesannya kan itu susu pertumbuhan yang bisa menambah nutrisi. Nah ini yang harus diluruskan. SKM itu produk pangan yang ada kandungan susu dan lemak yang aman dikonsumsi manusia,” paparnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.