Sungai Meluap, Satu Rumah di Magelang Ambles

Peristiwa amblesnya rumah milik Dedi, terjadi pada Kamis (4/4) sekitar pukul 16.00. Sebelumnya, kawasan itu diguyur hujan lebat sejak siang hingga sore.

MAGELANG – Sebuah rumah milik di Dusun Nepak Desa Bulurejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, tiba-tiba ambles akibat luapan air dari Sungai Bening. Sebelumnya air menggenangi rumah milik Dedi Purwanto itu kemudian meresap di bawah lantai.

Bangunan rumah ambles akibat luapan Sungai Bening di Kabupaten Magelang. Foto: dok BPBD Kabupaten Magelang

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan, peristiwa amblesnya rumah milik Dedi, terjadi pada Kamis (4/4) sekitar pukul 16.00. Sebelumnya, kawasan itu diguyur hujan lebat sejak siang hingga sore.

Hal itu menyebabkan Sungai Bening yang melintas di depan SMKN I Kota Magelang meluap masuk aliran irigasi. Kemudian meluap masuk ke Dusun Nepak.

“Luapan itu menggenangi rumah Pak Dedi dan kemudian meresap ke bawah lantai, sedangkan di bawah lantai ada saluran irigasi menggunakan bis beton yang langsung menuju ke sungai yang ada di belakang rumah,” terang Edi, Jumat (5/4/2019).

Ia menambahkan, karena bis beton yang digunakan untuk kuat menopang luapan air yang menggenangi rumah, menyebabkan bis beton ambles dengan kedalaman mencapai 0,5 – 2 meter.

Dia menambahkan, dasar lantai rumah tersebut menggunakan tanah urug. “Di bawah rumah ada irigasi aliran air dan pembangunan bis beton tidak menggunakan kerangka penguat atau besi,” imbuhnya. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.