Sukses Juara Umum, Semarang Bidik Tuan Rumah Porprov 2022

Pemkot akan menginventarisasi sarana yang sudah dimiliki dan mempersiapkan fasilitas yang belum tersedia.

SEMARANG – Kota Semarang akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI tahun 2022. Fasilitas yang dimiliki Kota Lunpia dinilai memadai untuk penyeleggaraan ajang multicabang tersebut.

Penyambutan atlet Porprov XV Kota Semarang, Minggu (4/11/2018). Foto: metrojateng.com/dok istimewa

Semarang terakhir kali menjadi tuan rumah Porprov pada 2005 silam. Sekda Kota Semarang Agus Riyanto mengatakan, Pemkot akan segera berkoordinasi dengan KONI untuk membuat strategi agar target tersebut bisa terwujud.

“Semua pihak akan berjuang semaksimal mungkin untuk menjadi penyelenggara Porprov di tahun 2022. Kami optimistis Kota Semarang layak ditunjuk,” kata Agus saat penyambutan atlet Porprov XV di Taman Indonesia Kaya, Minggu (4/11/2018).

Menurutnya, Kota Semarang sebenarnya sudah siap menjadi tuan rumah Porprov XV. “Tapi karena sudah diputuskan Solo, tak ada masalah. Kami akan bersiap untuk 2022,” tandasnya.

Pemkot akan menginventarisasi sarana yang sudah dimiliki dan mempersiapkan fasilitas yang belum tersedia. Nantinya akan diusulkan pada detail engineering design (DED) pembangunan sarana olahraga.

“Ada beberapa kabupaten/kota yang akan mengajukan diri sebagai tuan rumah. Karena itu, harus dipersiapkan secara matang mulai sekarang,” kata Agus.

Penentuan tuan rumah Porprov XVI akan dilakukan saat rapat anggota tahunan (RAT) KONI Jateng, beberapa waktu ke depan. Pada perhelatan Porprov 2018 di Solo, Kota Semarang berhasil memertahankan gelar juara umum.

Namun demikian, Ketua Kontingen Porprov Kota Semarang Heru Supriyono mengatakan, pencapaian medali emas pada porporv lalu tak sesuai target. Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti perubahan dan pengurangan nomor. Dan juga beberapa atlet tak bisa tampil.

”Ini menjadi evaluasi untuk berbenah ke depannya. Tapi juga harus diakui, kurang maksimalnya mengantisipasi kekuatan lawan,” tuturnya.

Penyambutan atlet Porprov Kota Semarang berlangsung cukup meriah. Mereka melakukan konvoi dengan iringan drumband Polimarin Semarang dan menyapa masyarakat di arena car free day (CFD) Simpang Lima.

Bersama Ketua Umum KONI Kota Semarang Ikhwan Ubaidillah, para atlet berjalan mulai dari Taman Indonesi Kaya-Jalan Pahlawan-Bundarang Simpang Lima-Jalan Pahlawan dan berakhir di Taman Indonesia Kaya. Dalam kesempatan tersebut diberikan simbolis bonus bagi atlet peraih medali. (twy)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.