Stok Plasma Covalesen Membludak UDD PMI Banyumas Batasi Pendonor Plasma

 

PURWOKERTO, METROJATENG.COMMeningkatnya jumlah pasien covid 19 yang dinyatakan sembuh ternyata berdampak positip bagi ketersediaan plasma darah covalesen. Setiap hari Unit Transfusi Darah UDD PMI Banyumas didatangi para pendonor darah plasma . Meningkatnya jumlah pendonor plasma menyebabkan lemari pendingin untuk menyimpan darah dan plasma penuh.

Ketua PMI Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi dokter kepala UDD PMI Banyumas dokter Ivone Rusyandari disela sela peringatan HUT PMI ke 76, mengatakan sejak pandemi corona PMI Banyumas gencar mengajak penyintas covid untuk bisa mendonorkan plasma covalesennya.

”Saya juga akan mendonorkan plasma konvalesennya. Saya juga penyintas Covid-19, lulusan Covid-19,” ungkap Sadewo.

Menurut Sadewo seiring dengan berkurangnya jumlah kasus Covid-19 dan terus bertambahnya jumlah pasien Covid-19 yang sembuh, di UDD PMI Banyumas saat ini memiliki stok plasma konvalesen yang cukup.

Dokter Ivone yang bertanggung jawab menangani donor darah di PMI Banyumas menambahkan meski stok PK tersedia dalam jumlah yang cukup, UDD PMI Banyumas tetap melayani penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan plasma konvalesennya.

”Stok plasma konvalesen saat ini tersedia dalam jumlah yang cukup. Pelayanan donor PK tetap dilayani, tetapi kami batasi. Tujuannya supaya tidak berlebihan karena kulkas untuk menyimpan stok PK-nya juga terbatas,” terang Ivone.

Sementara untuk donor reguler, kata Ivone, pada periode yang sama (Januari – pertengahan September 2021) PMI Banyumas terkumpul 24.840 kantong darah dari berbagai golongan darah.

”Jumlah pendonor yang mendaftar 30.905 orang, tetapi tidak semua yang mendaftar bisa diambil darahnya karena beberapa sebab, seperti tekanan darah dan HB-nya yang tidak memenuhi syarat. Ujar dr.Ivon. (bin)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.