Stok Makin Langka, Harga Garam Makin Mahal

?

 
KENDAL – Garam di Kendal mulai langka sejumlah pedagang di pasar tradisonal kehabisan stok dan tidak bisa lagi mendapat jatah dari distributor. Harga garam halus dan batang juga mengalami lonjakan hingga 150 persen, akibatnya banyak pembeli yang membeli garam secara eceran.
Kelangkaan garam di Pasar Kota Kendal ternyata sudah terjadi setelah lebaran. Sebelum lebaran harga garam halus kemasan 600 gram dijual dengan harga Rp 14 ribu kini pedagang terpaksa menaikan hingga Rp 25 ribu perbungkus. Sedangkan garam halus kemasan kecil ukuran 200 gram biasanya hanya Rp 5.000 kini melonjak menjadi Rp 10 ribu.
Pedagang mengatakan, kenaikan harga ini diakibatkan pasokan dari distributor berkurang bahkan sudah hampir dua pekan tidak dikirim. “Jika ada harganya melambung sehingga banyak pedagang yang tidak berani mengambil. Pembeli sendiri banyak yang membeli eceran karena kebutuhan pokok lainnya masih tinggi,” kata Istiqomah, penjual  garam .
Pasokan garam yang ada di pedagang mulai menipis, bahkan di sejumlah pedagang sudah habis sehingga pembeli kesulitan mencari garam. Tidak hanya garam halus garam batangan juga mulai hilang dari pasaran karena tidak lagi berproduksi dan harganya melambung. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

35 − = 33

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.