Status Siaga, Agustusan di Lereng Slamet Tetap Meriah

Warga lereng Gunung Slamet menyiapkan perayaan Agustusan dan tetap beraktivitas seperti biasa. Foto : Metrojateng
Warga lereng Gunung Slamet menyiapkan perayaan Agustusan dan tetap beraktivitas seperti biasa. Foto : Metrojateng

PEMALANG – Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 tetap berlangsung meriah di Lereng Gunung Slamet, Kabupaten Pemalang. Sekitar 1.500 warga yang terdiri dari 350 KK di Desa Jurangmangu nampak antusias mengikuti berbagai macam perlombaan.

Lomba gerak jalan wanita merupakan salah satu cabang perlombaan yang ditunggu-tunggu dan menjadi tradisi tahunan di desa yang terletak 6,5 km dari kawah Gunung Slamet itu. ?Kurang lebih ada enam RT yang mengirimkan peserta gerak jalan wanita. Selama tiga tahun silam, lomba ini memang sudah vakum. Padahal, gerak jalan merupakan salah satu lomba andalan di desa kami,? terang Kepala Desa Jurangmangu, Kecamatan Pulosari, Sugondo, Senin (18/8).

Selain itu, terdapat pula lomba panjat pucang yang kian langka didapati di daerah lain. Khusus lomba ini, pihak panitia sengaja menyelenggarakan pada akhir rangkaian kegiatan. Sebab, hadiah yang disediakan juga cukup menarik dan jumlah peserta yang mengikuti jauh lebih banyak.

Ihwal lomba gerak jalan, para peserta bakal menempuh jarak sepanjang dua kilometer. Dimana garis awal dimulai dari Kantor Kades dan berakhir di RT 04. Jarak yang cukup jauh tersebut juga menyebabkan peserta kelelahan dan nyaris mendapat diskualifikasi.

Namun, sorak sorai dari penonton yang berbaris memanjang di jalan memberikan semangat kepada peserta. Bahkan, tidak sedikit dari penonton yang nekat memberikan minuman kepada peserta.

?Lomba agustusan ini kami selenggarakan untuk memberikan hiburan dan refleksi kepada warga. Terlebih, status Gunung Slamet juga semakin hari semakin meningkat. Setidaknya perlombaan ini bisa membuat warga tidak tegang dan panik akan letusan Gunung Slamet,? kata Sugondo. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

4 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.