Stadion Kebondalem Layak untuk Liga 2, Lihat Catatannya Agar Bisa Lolos

stadion kebondalem kendal
Departemen Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) meninjau stadion utama Kebondalem Kendal yang akan digunakan pertandingan Liga 2 dan home base Persik Kendal. (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

 

KENDAL – Stadion utama Kebondalem dinilai layak untuk menggelar pertandingan liga 2 yang mulai digulirkan April 2018 mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Departemen Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), Somad, Rabu (28/3) berdasarkan hasil verifikasi stadion.

Verifikasi dilakukan dengan melihat kondisi lapangan, tribun penonton, ruang ganti pemain, hingga ruang VVIP. “Tadi sudah saya lihat, kondisi lapangan bagus. Namun, butuh perawatan di depan gawang, rumputnya banyak yang hilang. Mungkin karena terlalu banyak digunakan,” katanya.

Untuk menjaga kondisi lapangan hingga pertandingan digelar, disarankan agar lapangan digunakan sementara waktu hingga laga pembuka Liga 2. Hal itu untuk perawatan rumput stadion. Sehingga ketika laga perdana, kondisi lapangan sudah baik dan nyaman buat pemain.

Selain kondisi lapangan, tiang gawang perlu dicat. Menurut Somad, diluar hal itu semuanya sudah bagus. Kondisi tribun penonton sudah baik. Sebagai tambahan, panitia perlu membuat pagar pengaman, agar tidak ada penonton yang masuk ke lapangan.

“Sebab, ini sepak bola profesional. Jika penonton sampai masuk ke lapangan, panitia yang akan kena sanksi. Selain itu jangan sampai terjadi pelemparan apa pun ke dalam lapangan yang akan merugikan panitia pelaksana maupun tim tuan rumah. Termasuk menyalakan flare,’’ kata dia.

Somad menambahkan, ruang ganti pemain juga perlu diperbaiki. Ruangan itu perlu diberi air conditioner. “Semuanya sudah bagus. Hanya perlu didukung fasilitas lain yang membuat pemain menjadi nyaman. Hasil verifikasi ini akan kami laporkan ke PT Liga Indonesia Baru,’’ jelasnya.

Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Indar Suci Mulyani, menyatakan, pihaknya akan mensterilkan lapangan tersebut sesuai dengan masukan dari PT Liga Indonesia Baru. Kami akan menyampaikan ke Persik Kendal supaya bisa mematuhi hal itu. “Mungkin latihan bisa menggunakan Stadion Madya,” kata dia.

Manager Persik Kendal, Hermanurizal, tidak mempersoalkan sterilisasi lapangan tersebut. Sebab, pemainnya, butuh pertandingan ke luar untuk mengasah mental pemain. ‘’Saya tidak masalah jika lapangan tidak boleh digunakan sementara,’’ tutur dia.  (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 7 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.