Stabilkan Harga, 13 Ton Bawang Putih Dijual Murah di Kendal

Sebanyak 8 ton bawang putih disebar di Pasar Boja dan 5 ton di Pasar Kota Kendal.

KENDAL – Guna menekan harga jual bawang putih yang terus melonjak, Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal menggelar operasi pasar, Senin (20/5/2019). Sebanyak 13 ton bawang putih disebar di dua pasar dan dijual Rp 18 ribu per kilogramnya.

Operasi pasar untuk menekan harga bawang putih di Kabupaten Kendal, Senin (20/5/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Sebanyak 8 ton bawang putih disebar di Pasar Boja dan 5 ton di Pasar Kota Kendal. Puluhan pedagang di pasar Kota Kendal langsung menyerbu operasi pasar bawang putih ini.

“Bawang putih yang dijual di operasi pasar ini dijual Rp 18 ribu perkilogramnya. Harapannya pedagang bisa menurunkan harga jual bawang putih menjadi Rp 25 ribu perkilogramnya,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Subaedi.

Dikatakan, dua pekan terakhir harga bawang putih di pasaran sudah menyetuh angka Rp 40 ribu. Harapannya dengan operasi pasar ini pedagang masih mendapatkan untung meski menjual ke pembeli dengan harga antara Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Operasi pasar bawang putih ini disambut senang pedagang pasar karena harganya cukup murah. Kristiana pedagang pasar kota Kendal mengatakan jika mengambil dari distributor harganya sudah Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu.

“Saya biasanya menjual dengan harga Rp 35 ribu dengan operasi pasar ini nantinya bisa menjual Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu sehingga bisa turun,” ungkapnya. (MJ-01)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.