Soropadan Expo Potensial Jadi Sekolah Tani

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan panen bunga Kol di sela-sela pembukaan Soropadan Expo ke 8/2017, di Temanggung, Kamis (13/7). (foto: ch kurniawati)
?

TEMANGGUNG – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ingin agar Soropadan Agro yang ada di Temanggung, dijadikan sekolah tani. Hal itu bertujuan agar petani bisa belajar dari hulu hingga hilirnya. “Kita sedang mengkaji apakah rencana ini bisa diwujudkan atau tidak,” kata Gubernur di sela-sela pembukaan Soropadan Agro Expi ke 8 tahun 2017 di Temanggung, Kamis (13/7).
 Dikatakan, di komplek Soropadan ada bangunan yang bisa dijadikan asrama. Di tempat ini, maka petani bisa belajar dari ujicoba menanam sampai panen. “Selama 3 atau 4 bulan mereka berada di asrama, setiap hari mengamati sampai mereka benar-benar bisa bertani dengan baik,” katanya.
  Hal ini juga bertujuan agar kualitas pertanian yang dihasilkan juga baik. “Kita berharap Soropadan menjadi learning center dengan harapan on farm-nya berhasil dengan kualitas yang tinggi,” sebutnya.
 Sedangkan untuk on farm-nya atay pasca panen, akan ada pelatihan-elatihan seperti pengemasan yang baik, juga cara menjual yang benar.
 Hal itu bertujuan untuk mengurangi peran para tengkulak, sehingga petani bis abelajar dari hulu hingga hilirnya. 
 Gubernur juga berharap di Soropadan akan ada learning center yang lengkap mulai dari pertanian, peternakan maupun perikanan.
 Sementara itu, Assisten II (Ekonomi dan Pembangunan) Sekda Propinsi Jateng, Priyo Anggoro menjelaskan, Soropadan Agro Expo ke 8 berlangsung dari 13-17 Juli.
 Para peserta berasal dari 3 propinsi, seperti Jateng, DIY dan ada dari luar Jawa. Juga diikuti  34 kabupaten dan kota,  ada 16 stand kuliner atau makanan, alat pertanian, juga edukasi tentang pertanian.
 Yang menggembirakan, produk yang ditawarkan di setiap sudah semakin meningkat, seperti packaging dengan kualitas ekspor.
 Peserta lelang juga semakin bertambah, sekitar 200 perserta yang dari dari Jawa tengah, Jabar, Jawa Timur sampai NTB. Di harapkan dalam Soropadan expo ini, ada buyer yang langsung melakukan transaksi atau membuat link baru. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

13 − 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.