Solo Bidik Runner Up Porprov Jateng 2018

Porprov Jawa Tengah 2018 digelar di Solo mulai 19 hingga 25 Oktober dan memertandingkan 46 cabang olahraga. 

SOLO – Wali Kota FX Hadi Rudyatmo menargetkan Kota Solo bisa menduduki posisi juara kedua dalam event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2018. Target tersebut dinilai memungkinkan pasalnya Kota Solo menjadi tuan rumah event empat tahunan tersebut.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Foto: metrojateng.com

“Minimal bertahan di urutan kedua, kalau meraih juara umum itu sekarang masih banyak atlet yang kesana-kemari,” ujar Wali Kota usai kirab obor Porprov di Kantor Balai Kota Solo, Jumat (19/10/2018).

Tak hanya itu, Wali Kota juga menyoroti adanya jual beli atlet yang selama ini terjadi menjelang Porprov maupun Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia. Wali Kota yang intim disapa Rudy itu meminta agar praktik jual beli atlet atau perpindahan atlet tersebut dihentikan. Usulan tersebut rencananya akan disampaikan kepada Gubernur Ganjar Pranowo.

“Tahun depan saya minta kepada Gubernur, yuk sekarang dimulai tidak perlu ada jual beli atlet dan kepindahan atlet ditiadakan, karena kita sudah capek membina pada saat porprov malah ikut daerah lain,” tegas Rudy.

Dia berharap seluruh atlet yang masuk pada masa pembinaan bisa membuat kesepakatan tidak akan bertanding untuk daerah lain. Kesepakatan tersebut dibuat agar atlet memiliki komitmen pada daerah yang telah membiayainya sejak awal.

“Ya harus ada kesepakatan, kalau tidak ada izin dari KONI dan Kepala Daerah tidak bisa ikut bertanding untuk daerah lain. Kalau atlet dibina di Solo tidak hanya diberi biaya transportasi tapi juga biaya hidup Rp 500 ribu per bulan,” jelasnya.

“Kalau Porprov ya jangan lah, kecuali kalau perwakilan Sea Games atau Asian Games silakan,” imbuh Wali Kota.

Porprov Jawa Tengah 2018 digelar di Solo mulai 19 hingga 25 Oktober 2018. Sebanyak 6.334 atlet dari 35 kotingen Kabupaten/Kota, 46 cabang olahraga (cabor) dan 693 nomor yang dipertandingkan dalam Porprov Jateng 2018.

Sebanyak 24 venue telah disiapkan oleh Pemkot Solo. Selain Solo, sejumlah cabor juga digelar di sembilan Kabupaten/Kota lainnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.