Soal Semen, Sedulur Sikep Tegaskan Tetap Netral

Temui Gubernur, Sedulur Sikep Pati : Mayoritas Kami Tidak Menolak Semen
?

SEMARANG – Sedulur Sikep Pati atau yang biasa dikenal kelompok Samin memastikan diri tidak terlibat dalam berbagai aksi penolakan pendirian pabrik semen. Di mana belakangan diketahui marak aksi penolakan pendirian pabrik Semen di Pati dan Rembang yang mengatasnamakan Kelompok Samin.
Sesuai ajaran leluhurnya, mereka dengan tegas mengaku bersikap netral tanpa adanya permusuhan.
“Sedulur Sikep di Pati mayoritas tidak ikut demo menolak pabrik semen. Kalau berkaitan dengan semen, budidaya (alam) jadi sandang pangan itu tidak ditolak,” kata Tokoh Samin Pati Sutoyo, saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di kompleks gubernuran Jateng, Kamis (15/12).
Meski demikian, kata Sutoyo, kelompok samin juga tidak bicara spesifik mendukung keberadaan pabrik semen. Menurutnya yang melakukan demo hanya sekitar  10 orang itu pun keluarga dari Gunretno.
“Sikep di Desa Baturejo, Pati ada sekitar 800an orang. Ajaran kami menuntun kejujuran, sabar dan menerima,” imbuhnya.
Sementara, Ganjar Pranowo menanggapi pernyataan tersebut pun mengucap terima kasih. Dalam pertemuan yang juga melibatkan sejumlah tokoh Sedulur Sikep dari empat daerah dipanggil seperti Kudus, Pati, Blora dan Bojonegoro (Jawa Timur) itu Ganjar  juga berjanji untuk mengatasi keluhan Sedulu Sikep soal pelayanan administrasi, seperti akta kelahiran yang dinisbatkan ke ibu, serta diskriminasi dalam bidang pendidikan. 
“Sikep itu punya aturan, tata krama, nilai yang dilestarikan. Jadi bukan hanya soal semen, tapi soal agama, administrasi, perlakuan seperti anak tiri,” ucap Ganjar. (Yas)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

42 − = 35

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.