Soal Peraga Kamanye Pilgub, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Protes KPU Jateng

pilgub jateng
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah mendemo KPU Jateng. (foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto)

SEMARANG – Kegagalan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam memasang alat peraga kampanye (APK) Pilgub Jateng, rupanya berbuntut panjang. Hari ini, Selasa (10/4), kantor KPU Jawa Tengah di Jalan Veteran, Semarang diserbu para pendemo yang menuntut agar kasus tersebut diusut tuntas.

Para pendemo yang berasal dari puluhan anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) itu dikawal polisi sembari menenteng spanduk-spanduk kecaman terhadap kinerja KPU. Mereka tampak membentangkan spanduk “Menuntut Profesionalisme KPU Jateng”, “Telat 1,5 Bulan Adakan Baliho Cagub-Cawagub Jateng”, dan “Berikan Solusi Keterlambatan Pengadaan APK”.

Koordinator aksi, Badrun Nari menuding KPU jadi biang masalah dari persoalan pemasangan APK Pilgub Jateng. Ia menganggap lambannya pemasangan APK justru menguntungkan petahana Ganjar Pranowo yang maju Pilgub menghadapi Sudirman Said.

“Selain menguntungkan petahana, keterlambatan pemasangan APK Pilgub Jateng perlu ditindaklanjuti apakah ada unsur kesengajaan. Sebab, kami mencurigai hal itu karena KPU memberikan alasan yang tidak masuk akal,” tegasnya.

Ia menyebut KPU seharusnya bisa mengantisipasi keterlambatan pemasangan APK dengan mempersiapkan proses lelang pengadaan dengan baik. Menurutnya lambannya pemasangan APK malah berdampak buruk terhadap antusiasme masyarakat dalam mengikuti Pilgub Jateng.

“Kami menuntut KPU bertanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai lembaga penyelenggara pemilu, serta tidak memihak salah satu pasangan calon gubernur,” ujar Badrun. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.