Situs Diretas, Penghitungan Suara KPU Tetap Berlangsung

SEMARANG – Hingga malam ini (Rabu, 4 Juli 2018) pukul 19.00, situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyediakan data perolehan suara dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah masih mengalami gangguan. Polri melakukan penyelidikan dan menyatakan adanya upaya peretasan situs KPU.

Tangkapan layar situs KPU. (foto: metrojateng)

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyatakan peretasan terjadi pada tampilan laman KPU, bukan pada data. Hal itu menjawab kekhawatiran banyak pihak terkait pengaruh peretasan pada data yang telah masuk ke KPU.

Metrojateng.com melakukan pemantauan di situs KPU pada Jumat (29/6) pukul 18.01, beberapa saat sebelum situs KPU tidak dapat menampilkan data perolehan suara. Saat itu data yang diterima KPU pusat dari KPU Jawa Tengah telah mencapai 99,23 persen. KPU pusat telah menerima rekapitulasi dari 63.483 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Diketahui, totalnya ada 63.973 TPS untuk pemilihan gubernur Jawa Tengah.

Tangkapan layar situs KPU sesaat sebelum terkena peretasan. (foto: metrojateng)

KPU telah merekap suara dari 18.287.162 warga Jawa Tengah. Total pemilih di Jawa Tengah adalah 26.868.788 jiwa. Dari suara yang berhasil direkap KPU, ada 17.482.908 suara sah dan 772.258 suara tidak sah. Pasangan calon Ganjar PRanowo dan Taj Yasin memperoleh 10.248.956 suara, 58,80 persen dari suara sah terekap. Sedangkan pasangan calon Sudirman Said dan Ida Fauziyah memperoleh 7.207.536 suara, 41,20 persen dari suara sah terekap.

Sementara itu, KPU Jawa Tengah sendiri menyatakan, hingga saat ini proses penghitungan suara yang dilakukan untuk Pilkada tujuh daerah dan Pilgub Jawa Tengah tetap berjalan lancar. Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengungkapkan proses penghitungan suara untuk Pilkada Temangung dan Kota Tegal, saat ini sudah kelar. Jumlah rekapitulasi suara dua daerah tersebut kini dipastikan telah 100 persen.

“Temanggung dan Kota Tegal sudah selesai. Yang untuk penghitungan suara Pilkada Karanganyar baru bisa dikirim kepada kami mulai hari ini, sedangkan wilayah lainnya seperti Banyumas, Magelang dan Kudus sedang dalam proses penghitungan akhir di tingkat kecamatan,” ujar Joko, Rabu (4/7).

Menurutnya proses penghitungan suara untuk Pilgub Jateng saat ini sudah mencapai 99,2 persen. Hampir seluruh kabupaten/kota, lanjutnya sudah menyetorkan penghitungan suaranya. Penetapan penghitungan suara tingkat kecamatan sudah diumumkan 2 Juli kemarin.

Sedangkan penetapan nama-nama pasangan calon kepala daerah yang menang penghitungan suara akan dilakukan 5 Juli besok. Kemudian untuk penetapan penghitungan suara Pilgub Jateng dilakukan 8 Juli. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 49 = 55

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.