Siswi SLB Solo Sabet Dua Perak di Abu Dhabi

Special Olympics World Games

Setelah Special Olympics World Games 2019, ia tengah mempersiapkan diri untuk ajang perlombaan tingkat nasional di Papua pada 2020 mendatang.

SOLO – Zalwa Devaningtyas (16), siswi Kelas X Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Solo mendapat dua medali perak dalam Special Olympics World Games 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Remaja kelahiran 9 Desember 2002 tersebut menyabet dua perak dari cabang olahraga lompat jauh dan lari 100 meter.

Siswi SLB Negeri Solo menyabet dua medali perak di Special Olympics World Games. Foto: metrojateng.com

Saat dijumpai di sekolahnya, Senin (8/4/2019, gadis penyandang tunagrahita tersebut menceritakan pengalamannya berkompetisi di luar negeri. Ia merasa bangga karena bisa mengharumkan nama bangsa, dan sekaligus ditonton langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Senang sekali karena ini pertama kalinya ikut kejuaraan dunia,” ujarnya

Zalwa mengaku lawan terberat yang ia hadapi saat pertandingan lari 100 meter adalah atlet asal Amerika Latin. Ia hanya selisih sedetik saja dengan juara pertama tersebut.

“Sebenarnya waktu start saya sudah lebih unggul, tapi saat finish saya kalah dada dan langkah jadi yang menang dia, postur tubuhnya juga tinggi,” ceritanya.

Setelah Special Olympics World Games 2019, ia tengah mempersiapkan diri untuk ajang perlombaan tingkat nasional di Papua pada 2020 mendatang.

Sementara itu, Kepala SLB Negeri Solo, Sukamto mengaku bangga dengan prestasi siswanya tersebut. Pihak sekolah selalu memberikan pendampingan berupa pembinaan latihan selama satu minggu dua kali.

“Zalwa ini kan salah satu murid yang kami bina mulai dari tingkat kota. Ia sudah menjuarai berbagai cabang olahraga hingga ke tingkat provinsi,” ungkapnya.

Special Olympics World Games 2019 digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 14-21 Maret. Dalam event khusus difabel tersebut Indonesia mengirimkan 98 atlet dan ofisial untuk mengikuti 11 cabang olahraga. Di mana Jateng menyumbang lima atlet. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.