Siswa SMPN 13 Magelang Sulap Limbah Plastik jadi Aneka Kerajinan

Peserta merupakan siswa kelas 7-9 yang dibagi dalam 24 tim. Tiap tim bebas berkreasi dengan sampah plastik.

MAGELANG – Hari Pramuka ke-53 diperingati dengan cara berbeda oleh para pelajar dari SMPN 13 Magelang. Mereka menggelar lomba kreasi daur ulang sampah plastik di sekolah setempat, Rabu (14/8/2019).

Lomba kreasi daur ulang sampah plastik di SMPN 13 Magelang. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Lomba diadakan seusai upacara Hari Pramuka di lapangan sekolah. Peserta merupakan siswa kelas 7-9 yang dibagi dalam 24 tim. Tiap tim bebas berkreasi dengan sampah plastik, seperti dibuat bunga, vas bunga, miniatur akuarium, dan lainnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Rovky Verdiwan mengatakan, lomba kreasi daur ulang sampah ini guna menanamkan dalam pola pikir siswa dalam melihat sampah plastik. Sampah plastik tidak hanya berakhir di tempat pembuangan, tapi bisa dibuat kreasi yang unik dan bernilai.

“Anak-anak di sini berpikir kalau sampah itu ternyata bisa bernilai juga. Tidak hanya bernilai seni, tapi juga bernilai jual. Kalau hasil kreasinya bagus, pasti laku dijual,” ujarnya di sela lomba.

Dia menuturkan, kreasi ini juga seiring dengan sekolahnya yang menyandang predikat sekolah adiwiyata nasional atau sekolah yang berwawasan lingkungan. Termasuk upaya mengurangi produksi sampah plastik yang dikenal sangat lama dalam proses penguraian.

Karya siswa ini, katanya, dinilai oleh tim penilai dan ditentukan para juaranya dengan hadiah uang pembinaan. Selain itu, karya kreatif ini juga akan dipajang di sekolah sebagai bukti kalau para pelajar benar-benar menerapkan prinsip sekolah adiwiyata.

Vionna, salah satu peserta dari kelas 8 mengaku sangat antusias mengikuti lomba kreasi daur ulang sampah plastik ini. Ia dan timnya pun membuat bunga berbahan plastik botol air mineral dengan dicat warna-warni.

“Ternyata mengolah sampah plastik menjadi bunga ini asyik juga. Jadi kepingin juga untuk membuatnya di rumah. Bagus untuk mengurangi sampah plastik, sekaligus menjaga lingkungan kita menjadi lebih bersih,” kata dia. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.