Siswa Diedukasi Cinta Lingkungan dan Hemat Energi

Materi tentang bahaya kelistrikan juga disampaikan agar anak-anak dapat menggunakan energi listrik dengan aman dan nyaman

KENDAL – PLN mengedukasi tentang cinta lingkungan dan hemat energi kepada siswa SD 3 Bleder Kendal. Kegiatan itu dilakukan oleh pimpinan PLN Area Semarang dalam program PLN Mengajar.

PLN Mengajar
PLN Area Semarang menyelenggarakan acara PLN Mengajar di SD 3 Bleder Kendal dan penanaman 5.000 mangrove di pesisir Desa Kartika Jaya, Kamis (9/8/2018). Foto: metrojateng.com/istimewa

Kegiatan itu merupakan kesempatan bagi Manajemen PLN untuk berbagi pengetahuan kepada siswa dan masyarakat umum. Pelajaran mengenai lingkungan sehat dan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) disampaikan langsung oleh Donny Adriansyah, Manajer PLN Area Semarang kepada puluhan siswa yang duduk di bangku kelas 1 hingga kelas 6 di SD 3 Bleder.

“Pentingnya menjaga lingkungan dengan mengelola sampah harus diajarkan sejak dini kepada generasi penerus bangsa. Kami sangat peduli terhadap kelangsungan lingkungan hidup dan berkomitmen untuk melaksanakan pengelolaan serta memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat khususnya siswa-siswi SD di wilayah kerja PLN Area Semarang,” ungkap Donny, Kamis (9/8/2018).

BACA JUGA: PLN Cilacap Tanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa

Selain menumbuhkan minat siswa untuk peduli kepada lingkungan, kegiatan ini juga dioptimalkan untuk meningkatkan wawasan ketenagalistrikan pada para siswa.

“Materi tentang bahaya kelistrikan juga disampaikan, agar anak-anak dapat menggunakan energi listrik dengan aman dan nyaman,” imbuhnya.

Program PLN Mengajar juga dioptimalkan untuk meningkatkan wawasan ketenagalistrikan pada para siswa. Foto: metrojateng.com/istimewa

Kepala SD 3 Bleder, Tumonjono menyampaikan, sangat mengapresiasi kepedulian PLN pada lingkungan hidup dengan mengajarkan kegiatan 3R kepada seluruh siswa-siswinya. “Kami harap kegiatan ini menjadi pemicu semangat anak-anak untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup khususnya di sekitar sekolah dengan peduli terhadap sampah,” katanya.

Dalam acara ini, seluruh siswa-siswi diajak untuk membuat kerajinan dari sampah bekas. Misalnya, membuat celengan, hiasan bunga, kotak pensil, hingga miniatur truk dibuat anak-anak dari bahan plastik, kain dan kardus bekas.

BACA JUGA: Hijaukan Lereng Menoreh, PLN Tanam 1.000 Pohon Kopi

Selain belajar di kelas, para siswa turut berpartisipasi dalam kegiatan Corporate Social Responsibilty (CSR) PLN lewat kegiatan penanaman 5.000 mangrove di pesisir Desa Kartika Jaya bersama para mahasiswa STIE Bank BPD Jateng dan warga Desa Kartika Jaya.

Penanaman bersama ini adalah langkah awal dari serangkaian kegiatan Sinergi Pemberdayaan Potensi Eko Wisata Kawasan Mangrove di Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Kegiatan ini adalah salah satu kerjasama

“Kegiatan penghijauan ini rutin PLN lakukan setiap semester dan pada kesempatan kali ini bersamaan dengan program CSR, kami akan menanam 5.000 bibit mangrove untuk mencegah abrasi yang mengancam pemukiman Desa Kartika Jaya,” kata Donny.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan antara Ketua STIE Bank BPD Jateng, Dr Siti Puryandani dengan Kepala Desa Kartika Jaya, Budi Hartono yang sepakat untuk membantu keberlangsungan acara CSR PLN Area Semarang. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.