Sirup Kawista Rembang, Coca-colanya Orang Jawa

Sirup kawista, oleh-oleh khas Rembang. Beberapa orang menyebutnya sebagai cola-nya orang Jawa.
Sirup kawista, oleh-oleh khas Rembang. Beberapa orang menyebutnya sebagai cola-nya orang Jawa.

Salah satu kuliner andalan dari kabupaten Rembang adalah Sirup Kawista. Sirup yang berbahan utama dari sari buah kawis. Rasanya sangat khas, ada campuran manis dan asamnya serta baunya wangi. Karena rasa dan baunya yang harum khas tersebut ada yang menyebutnya “Kola Jawa” atau Java Cola.

Di Rembang, buah kawis (limonia acidissima synferonie ) sudah dikenal sejak lama pun produksi sirupnya. Buah kawis ini bentuknya mirip buah jeruk. Cuma ukurannya sedikit lebih besar dibanding buah jeruk. Bentuk buah kawis yaitu buahnya yang berkerut dengan warna kulitnya coklat ke abu-abuan dan daging buahnya berbulir berwarna hitam kecoklat-coklatan.

Buah Kawis. Foto: wikipedia
Buah Kawis. Foto: wikipedia

Seperti dikutip dari laman rembang.org, sirup kawista sendiri dibuat dari buah kawis yang dicampur gula dan air. Tentu saja agar rasanya pas, komposisi antara buah kawis, gula dan air harus pas.

Di Rembang ada beberapa produsen sirup kawista, tetapi yang paling terkenal adalah sirup kawista cap “Dewa Burung”. Merk merupakan pionir dari pembuat dan penjual sirup kawista di Rembang. Usaha sirup kawista “Dewa Burung” ini sudah berumur 50 tahun lebih dan dijalankan secara turun-temurun.

Sirup kawista biasanya dikemas dalam wadah botol kaca seperti yang dipakai botol kecap. Masa kadaluarsa sirup kawista cukup lama bisa mencapai setahun. Sirup kawista “Dewa Burung” bisa didapatkan di pusat penjualannya yaitu di Toko “Dewa Burung” pada Jl. Diponegoro Rembang (Taman Kartini masih ke barat).

Menjelang puasa dan lebaran, permintaan sirup kawista cukup tinggi. Baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk oleh-oleh buat kerabat. Bahkan permintaan sirup kawista tak hanya datang dari dalam negeri saja tetapi juga dari mancanegara seperti negara Finlandia dan Amerika. (tro)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.