Sikat PSS 3-0, PSIS Buka Puasa Kemenangan Kandang

Shopee Liga 1 2019

Mahesa Jenar juga mengulang kemenangan atas PSS Sleman. Pada pertemuan pertama, PSIS menang dengan skor 3-1 lewat gol Silvio Escobar, Wallace Costa dan Bayu Nugroho.

SLEMAN – PSIS Semarang menang 3-0 atas PSS Sleman pada laga pekan ke-26 Shopee Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (2/11/2019). Skor telak tersebut menyudahi penantian Wallace Costa dkk yang tak pernah menang dalam enam laga kandang sebelumnya.

Claudir Marini Jr mencetak gol kedua PSIS. Mahesa Jenar menang 3-0 atas PSS di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (2/11/2019). Foto: dok liga-indonesia

Meski digelar di markas PSS, status tuan rumah jadi milik PSIS, setelah pihak keamanan tidak mengizinkan pertandingan dilaksanakan di Stadion Moch Soebroto Magelang. Pelatih Bambang Nurdiansyah menampilkan formasi terbaik dan hanya mengistirahatkan Rio Saputro. Posisinya diisi Safrudin Tahar untuk berduet dengan kapten Wallace Costa.

Di kubu PSS, Seto Nurdiyantoro kehilangan motor serangan Brian Ferreira dan bek tengah Alfonso de la Cruz. Yevhen Bokhashvili jadi andalan Super Elang Jawa di lini depan dengan dukungan pemain muda Ocvian Chanigio.

Kedua tim mengawali laga dengan hati-hati. Tak ada peluang berbahaya yang dihasilkan hingga sebuah insiden terjadi di menit 21. Striker PSIS Claudir Marini Jr terjatuh di area terlarang setelah terlibat kontak dengan Jajang Sukmara. Wasit Aprisman Aranda memberi hadiah penalti yang sukses dieksekusi sempurna oleh Wallace Costa.

Jajang Sukmara nyaris membayar tuntas kesalahannya di menit 28. Mantan bek PSMS Medan itu lolos dan tinggal berhadapan dengan kiper Jandia Eka Putra. Tapi, penjaga gawang PSIS lebih cepat menyapu bola.

Mahesa Jenar menambah keunggulan di menit 37. Dari skema sepak pojok, Jonathan Cantillana mengirim umpan ke dalam kotak penalti dan disambut dengan sundulan Claudir Marini. Bola sempat menghantan mistar dan memantul melewati garis gawang.

Kedua pelatih melakukan pergantian selepas jeda. PSS mengganti Rangga Muslim dan memasukkan Anthony Putro. Sedangkan Bambang Nurdiansyah menarik Marini dan memainkan Bayu Nugroho.

Ancaman PSS datang dari Bokhashvili di menit 57. Striker Ukraina itu berhasil mengecoh Frendi Saputra dan melepas umpan ke mulut gawang. Sayang Anthony terlambat menyambar bola. Peluang kembali dihasilkan Jefri Kurniawan melalui tendangan bebas di menit 67. Eksekusinya tepat mengarah ke kiper.

Mahesa Jenar yang mengandalkan serangan balik justru mampu mencetak gol ketiga di menit 74. Bruno Silva memberi umpan kepada Fredyan Sugiantoro. Bek sayap PSIS kemudian mengirim crossing ke arah Septian David yang dengan dingin menuntaskan peluang tersebut untuk mengecoh Ega Rizky.

Tak ada gol tambahan di waktu tersisa. Hasil ini mengakhiri tren negatif PSIS dalam enam laga kandang terakhir. Dalam periode tersebut, Tim Kota Lunpia hanya memetik dua kali seri dan kalah empat kali. Mahesa Jenar juga mengulang kemenangan atas PSS Sleman. Pada pertemuan pertama, PSIS menang dengan skor 3-1 lewat gol Silvio Escobar, Wallace Costa dan Bayu Nugroho.

Tambahan tiga poin dari Maguwoharjo membuat PSIS naik satu peringkat ke posisi 13 menggeser Badak Lampung dengan 28 angka. Selanjutnya Mahesa Jenar bakal menantang tuan rumah Persib Bandung pada Rabu (6/11) pekan depan. (*)

Susunan Pemain
PSIS 4-3-3: Jandia Eka Putra–Fredyan Wahyu Sugiantoro, Wallace Costa, Safrudin Tahar, Frendi Saputra (Soni Setiawan-92); Septian David Maulana (Eka Febri-84), Finky Pasamba, Jonathan Cantillana; Bruno Silva, Claudir Marini Jr (Bayu Nugroho-52), Hari Nur Yulianto

PSS 4-2-3-1: Ega Rizky Pramana–Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Ikhwan Ciptady, Jajang Sukmara; Dave Mustaine, Guilherme Batata; Jefri Kurniawan (Arif Satyayuda-83), Ocvian Chanigio (Kushedya Hari Yudo-67), Rangga Muslim (Anthony Putro-46); Yevhen Bokhashvili

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.