”Si Imut” Kini Bisa Melayani 29 Perizinan secara Online

Ada dua layanan perizinan baru yang dapat diurus secara online yakni Izin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK) dan izin Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPA).

SEMARANG – Pelayanan perizinan secara online melalui aplikasi Sistem Izin Investasi Mudah dan Terpadu (Si Imut) di Kota Semarang bertambah dua yang baru. Kini sistem online tersebut dapat melayani hingga 29 jenis perizinan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki. Foto: metrojateng.com/masrukhin abduh

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki mengatakan, dua layanan perizinan baru yang dapat diurus secara online itu adalah Izin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK) dan izin Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPA).

‘’Sebelumnya kan sudah ada 27 jenis pengurusan perizinan, tapi sekarang menjadi 29 dengan dua tambahan tersebut,’’ katanya, Jumat (19/7/2019).

Dalam pengurusan izin melalui aplikasi Si Imut ini pemohon benar-benar melakukannya secara onlne. Artinya pemohon tinggal memasukkan data-data yang dibutuhkan di perangkat komputer yang kemudian akan diverifikasi oleh sistem.

Setelah terverifikasi akan ditandatangani oleh kepala DPM-PTSP secara digital. Selanjutnya pemohon sudah dapat mencetak langsung sertifikat perizinan tersebut secara mandiri.

‘’Sehingga pemohon sudah tidak harus lagi menyerahkan berkas dokumen ke kantor kami, cukup dilayani semua prosesnya melalui aplikasi ini,’’ tegasnya.

Saat ini pengurusan perizinan-perizinan lainnya juga sedang dalam proses untuk dapat dilakukan melalui aplikasi Si Imut ini. Sebab sistem Si Imut ini juga terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS) milik Pemerintah Pusat.

‘’Saat ini baru 29 saja padahal di kita ada sekitar 120 jenis perizinan yang kita layani. Seperti pengurusan perizinan IMB saat ini masih belum bisa dilakukan secara onlinem,’’ ungkapnya.

Dibandingkan dengan cara manual sistem online ini bisa memangkas waktu menjadi lebih cepat dan transparan. Jika dulunya satu minggu tapi dengan menggunakan sistem berbasis online ini cukup beberapa jam saja. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.