Setoran Uang Pungli Parkir Diduga Mengalir ke Oknum Dishub

Polisi akan Panggil Dishub

Kurang lebih 60 persen dari total setoran para juru parkir itu kemudian disetorkan kepada oknum di Dishub.

Ilustrasi parkir.
Foto: dokumentasi metrojateng.com

 

SEMARANG – Uang pungutan parkir di sekitar kawasan Car Free Day (CFD) yang dipungut tidak sesuai ketentuan Perda diduga mengalir ke oknum Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang. Penyidik akan mendalami dugaan tersebut, termasuk menyelidiki surat perintah dari Dishub yang dibawa oleh dua orang pengepul.

Dua pengepul tersebut adalah Ah dan Lk. Keduanya merupakan anggota dari salah satu ormas di Kota Semarang. Keduanya ikut digelandang Tim Saber Pungli Kota Semarang bersama belasan juru parkir pada Minggu (10/3/2019).

“Sementara kami lakukan pemeriksaan dulu terhadap juru parkir yang sudah menarik parkir di luar ketentuan. Ada dua orang yang diketahui sebagai pengepul,” kata Ketua Saber Pungli Kota Semarang, AKBP Enrico Silalahi, saat ditemui di Mapolrestabes Semarang.

Saat dimintai keterangan oleh Tim Saber Pungli, pengepul bernama Ahmad mengaku kalau ia mendapat setoran dari setiap juru parkir sebesar Rp 10.000. Kurang lebih 60 persen dari total setoran para juru parkir itu kemudian disetorkan kepada oknum di Dishub. Ia juga mengaku membawa surat perintah dari Dishub terkait titik parkir tetapi dalam surat tersebut tidak tercantum namanya.

Terkait dugaan aliran uang ke oknum Dishub, Enrico menyatakan masih akan mendalaminya. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan inspektorat Kota Semarang. Termasuk apakah uang setoran itu masuk kas daerah atau tidak.

“Keterangan para juru parkir dan pengepul itu akan dikembangkan. Nanti ada koordinasi dengan inspektorat Kota Semarang. Supaya jelas apakah ada oknum yang terlibat, lalu apakah oknum itu ASN atau bukan. Kalau terbukti pelanggaran akan ditindak sesuai porsinya,” ungkap Enrico.

Terkait surat perintah yang dibawa oleh pengepul, Enrico menegaskan juga akan menelusurinya. Apakah kerjasama tersebut sesuai ketentuan atau tidak. Mengenai hal ini pihaknya juga akan memanggil pihak Dishub.

Untuk diketahui, Tim Saber Pungli Kota Semarang mengamankan 21 orang juru parkir di kawasan CFD Semarang. Puluhan orang itu diamankan dari empat lokasi yakni sekitar Jalan Menteri Supeno, Simpanglima, Jalan Imam Bardjo, dan Jalan Ki Mangunsarkoro. Barang bukti yang disita adalah karcis parkir dan uang Rp 2 juta. (aka)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.