Setelah Perpres Tak Wajibkan Full Day School, Pemkot Semarang Evaluasi Sekolah

Ilustrasi (sumber: metrojateng.com)
SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, akan mengevaluasi sekolahan yang selama ini telah menerapkan 5 hari sekolah dalam sepekan. Karena adanya Perpres 87/2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang diteken oleh Presiden Jokowi.
Dalam Perpres yang ditekan oleh Jokowi pada Rabu (6/9) lalu, tiap satuan pendidikan dipersilakan menentukan apakah sekolah dilakukan selama 6 hari atau 5 hari dalam sepekan. Sementara di aturan Permendikbud sebelumnya harus dilakukan 5 hari.
Menurut Wali Kota Hendrar Prihadi, pemerintah kota tentunya akan mengikuti aturan di atasnya baik aturan Gubernur, Presiden, apalagi Undang-Undang. Pemerintah kota pastinya akan menjadikan peraturan-peraturan itu sebagai pedoman untuk pelaksanaan di tingkat bawah.
”Kemarin kita sempat dengar Menteri Pendidikan ngomong soal full day school, ya kita sosialisasikan di bawah, yang sudah siap silakan 5 hari yang belum siap ya tidak usah 5 hari tidak apa-apa,” ujarnya, Senin (11/9).
Tapi sekarang, dia mengatakan, Presiden Jokowi kemudian sudah meneken Perpres bahwa full day school tidak menjadi kewajiban. Maka pihaknya juga akan meneruskan informasi peraturan baru itu, kepada para pengelola sekolah yang ada di Kota Semarang.
”Jadi artinya jangan pernah membayangkan yang namanya wali kota ini, membangkang sama Presiden, apalagi membangkang sama gubernur, ndak lah. Kita ini kan dipilih oleh rakyat untuk bisa menjadi pengaman pada ketentuan dan aturan di tingkat yang lebih atas dari kita,” kata wali kota yang akrab disapa Hendi ini.
Ditegaskan, pihaknya mendukung peraturan mengenai penguatan pendidikan karakter ini. Karenanya sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan 5 hari sekolah akan dievaluasi. Apakah komponen sekolah tersebut menghendaki sekolah tetap 5 hari atau kembali 6 hari.
”Jadi kita dukung, kita support. Kalau memang muridnya senang dengan 5 hari kenapa tidak dijalankan, tapi kalau muridnya ngeluh ya kita evaluasi, kita kembalikan ke 6 hari,” tegasnya. (duh)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 6 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.