Setelah Diperiksa Dokter, Senyum Siswa SD Ngaliyan 4 Makin Lebar

Dalam kegiatan bertajuk “Aku Anak Indonesia: Mataku Sehat, Gigiku Kuat” itu diikuti oleh 130 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6.

SEMARANG – Melakukan pemeriksaan ke dokter bisa jadi aktivitas yang menegangkan sekaligus menyenangkan bagi anak-anak. Hal itu tampak pada kegiatan sosial terpadu bidang kesehatan yang diselenggarakan Mal Ciputra Semarang bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) William Booth di SD Ngaliyan 4 Semarang, Kamis (25/7/2019).

Siswa SD Ngaliyan 4 Semarang melakukan pemeriksaan gigi dan mata yang diselenggarakan Mal Ciputra Semarang bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) William Booth, Kamis (25/7/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Para siswa mengikuti pemeriksaan gigi dan mata gratis oleh tim medis yang terdiri atas, Dokter Spesialis Mata, Dokter Spesialis Gigi dan perawat. Selama pemeriksaan siswa mengantre menunggu giliran diperiksa. Ada yang antusias tak sabar diperiksa, ada yang diam saja grogi saat gilirannya tiba.

Salah satu siswa kelas 3, Ahmad Bima, dia terlihat senyam-senyum sambil menunggu giliran diperiksa. Saat ditanya apakah sebelumnya sudah pernah periksa gigi dia menjawab, “Sudah, tapi dulu banget.”

Bima mengaku, senang bisa memeriksakan giginya lagi. “Senang, apalagi juga dapat hadiah,” tuturnya.

Dalam kegiatan bertajuk “Aku Anak Indonesia: Mataku Sehat, Gigiku Kuat” itu diikuti oleh 130 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Untuk pemeriksaan gigi, dokter sebatas mengecek kondisi gigi siswa. Tindakan lanjutan yang diperlukan akan dituliskan sebagai informasi untuk orang tua guna penanganannya.

Sementara untuk pemeriksaan mata, dokter mengecek kesehatan mata secara menyeluruh. Dilakukan juga pengecekan mata minus atau silindris untuk siswa. Bagi siswa yang terdiagnosis salah satunya, Mal Ciputra akan memberikan kaca mata gratis.

“Kegiatan ini dalam rangka Hari Anak Nasional sekaligus sebagai rangkaian ulang tahun ke-25 Mal Ciputra Semarang “CL Care 25 Years”. Beberapa kegiatan lainnya sudah kami mulai sejak Desember lalu, seperti deteksi dini kanker payudara untuk perempuan dan pembagian 250 kursi roda untuk difabel. Mendatang kami telah menyiapkan donor darah massal dan pemeriksaan kesehatan jantung untuk bapak-bapak,” jelas Promotion Manager Mal Ciputra Semarang, Catur Agus Joko Widodo.

Sementara bagi RSU William Booth, kegiatan ini sebagai salah satu wujud bakti sosial dalam rangka HUT ke-104.

Bakti sosial di SD Ngaliyan 4 dalam rangkaian ulang tahun ke-25 Mal Ciputra dan HUT ke-104 RS William Booth, Kamis (25/7/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Pada kesempatan yang sama, Mal Ciputra juga mengajak serta 70 siswa kelas 4, 5 dan 6 dalam field trip “Gantungkan Cita-citamu Setinggi Langit”. Tujuan kali ini ke Cimory untuk mengenalkan perawatan sederhana beberapa satwa, utamanya sapi. Field trip merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Mal Ciputra tiap tahun. Lokasi tujuannya beragam, baik di sekitaran Semarang maupun luar kota.

Sementara itu, Kepala SD Ngaliyan 4 Semarang, Supireno mengatakan, pihaknya berterima kasih atas bantuan Mal Ciputra dan RSU William Booth pada kegiatan hari ini.

“Kami senang ada yang peduli pada anak-anak kami. Sebab, siswa disini mayoritas memang berasal dari keluarga yang kurang beruntung. Maka, pemeriksaan ini sangat membantu bagi anak-anak dan membuat mereka bahagia,” katanya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.