Setelah 6 Bulan, Surat Keterangan Pengganti E-KTP Harus Diperpanjang

ilustrasi KTP
?

JEPARA – Blangko E-KTP hingga saat ini masih kosong. Sehingga, pemohon akan diberi keterangan pengganti E-KTP, seperti yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara.

Sejauh ini, Disdukcapil Kabupaten Jepara telah menerbitkan 45.735 lembar keterangan pengganti E-KTP sejak kekosongan blangko 6 Oktober tahun lalu. 

Hanya saja, sesuai aturan dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri), masa berlaku surat pengganti E-KTP hanya enam bulan sejak diterbitkan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara, Sri Alim Yuliatun mengatakan, pihaknya mulai menerbutkan surat pengganti sejak 6 Oktober 2016. Hingga saat ini, permintaan masih cukup tinggi.
”Sejak 6 Maret lalu sudah ada satu dua orang yang minta perpanjangan karena dibutuhkan. Yang minta pembaharuan surat itu memang belum banyak. Mungkin karena mereka tidak tahu atau belum butuh,” ujarnya Jumat (10/3/2017).

Ditambahkannya, penerbitan surat pengganti E-KTP di Disdukcapil Jepara sekitar 150 orang perhari. Meski demikian, Sri Alim mengklaim pihaknya tak akan kewalahan melayani.

“Untuk pelayanannya kami sudah bagi per kecamatan,” katanya.

Sejauh ini, ketersediaan blangko E-KTP masih belum bisa dipastikan. Namun, dari informasi yang didapat dari pusat, proyek pembuatan E-KTP saat ini sudah selesai lelang. 

“Informasinya, April sudah selesai dan bisa di distribusikan,” lanjutnya.

Tri Mulyani,18, warga Desa Ngasem, Batealit mengaku mengurus E-KTP untuk keperluan medis, karena beberapa waktu akan melahirkan

“Saya urus sekarang biar nanti setelah lahir tidak kesulitan ngurus KTP,” tandasnya.(MJ-23

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

16 − = 11

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.