Set Piece jadi Mimpi Buruk PSIS Semarang

Bukan cuma buruk mengantisipasi set piece, Mahesa Jenar juga lemah dalam memanfaatkan peluang dari bola mati.

SEMARANG – Skema set piece kerap menghadirkan mimpi buruk bagi pertahanan PSIS Semarang. Armada besutan Bambang Nurdiansyah juga kurang sip dalam memanfaatkan bola mati.

Septian David Maulana dkk dituntut lebih solid saat mengantisipasi set piece. Foto: dok liga-indonesia

Mahesa Jenar baru saja pulang membawa kekalahan 0-2 dari markas Barito Putera, Selasa (22/10). Laskar Antasari sukses mengeksploitasi kelemahan PSIS melalui skema set piece. Dua gol yang bersarang ke gawang Jandia Eka Putra bermula dari sepak pojok yang dieksekusi sempurna oleh Donny Monim dan Rafael Silva.

Barito Putera menambah daftar tim-tim yang mampu membobol gawang PSIS dari set piece. Sebelumnya ada Kalteng Putra, Persija, Bali United, Persipura, Semen Padang, Arema FC, Persebaya dan Borneo FC.

Persija bahkan tiga kali menciptakan gol melalui bola mati dalam dua pertemuan kontra Mahesa Jenar. Sedangkan Persebaya dan Borneo FC masing-masing mencetak dua gol.

Buruknya antisipasi set piece PSIS terlihat dari gol-gol yang dihasilkan lawannya. Dari 23 laga yang sudah dilakoni, Tim Ibukota Jateng kebobolan 27 gol dan 14 di antaranya datang dari set piece atau 51 persen. Rinciannya, tujuh corner kick, lima free kick dan dua penalti.

Bukan cuma buruk mengantisipasi set piece, Mahesa Jenar juga lemah dalam memanfaatkan peluang dari bola mati. Tercatat hanya empat gol yang diproduksi penggawa PSIS dari bola mati, dua di antaranya lewat penalti Wallace Costa dan sisanya melalui Hari Nur Yulianto dan Claudir Marini Jr.

Head coach Bambang Nurdiansyah juga menyadari ‘hantu’ set piece yang kerap meneror pertahanan timnya. “Lawan Barito kami kemasukan dua gol dari corner kick. Ini PR bagi kami. Pertahanan PSIS di corner kick memang masih harus diperbaiki lagi,” tegasnya.

Janji pembenahan yang dilakukan Bambang Nurdiansyah bakal diuji Borneo FC akhir pekan ini. Mahesa Jenar dijadwalkan menjamu Pesut Etam di Stadion Moch Soebroto Magelang, Sabtu (26/10) mendatang. (twy)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.