Server Real Count KPU Ngadat Lima Jam

SEMARANG – Server internet untuk proses hitung cepat secara resmi untuk Pilgub Jateng, ngadat. Jaringan internet KPU Jateng yang terhubung dengan kabupaten/kota diketahui eror empat sampai lima jam sehingga membuat real count sempat tersendat.

Persyaratan Caleg DPD
Ilustrasi

“Mestinya jam 00.00 WIB selesai (real countnya). Tapi servernya ngadat sampai lima jam. Tidak bisa ditanggulangi. Untungnya, semuanya sudah direkap dan discan,” kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, saat dikonfirmasi di Hotel Santika, Jalan Pandanaran Semarang, Kamis (28/6).

Pantauan dari portal resmi KPU di infopemilu.kpu.go.id per Kamis (28/6) pukul 12.30 WIB, proses penghitungan sudah memasuki 57.231 TPS atau 88,68 persen dari 63.973 total TPS yang ada di seluruh 35 kabupaten/kota.

Ganjar-Yasin terpantau dari portal KPU tersebut, dipilih 9.339.420 orang. Sementara Sudirman-Ida dicoblos sebanyak 6.425.421 orang atau meraup 40,76 persen suara. Data tersebut terus diupdate dan dapat dilihat pada laman resmi milik KPU tadi.

Ia mengatakan real count belum 100 persen. Untuk saat ini, katanya, tinggal sekitar 7000 TPS. Joko optimistis siang ini bisa tuntas semua. “Insyallah siang ini selesai. Hasilnya paling beriringan dengan quick count lembaga survei yang kemarin,” cetusnya.

Ia berharap masyarakat memberi masukan kepada KPU jika ditemukan kesalahan saat scan surat suara. Tahapan perbaikan akan dikerjakan saat rapat pleno nanti. Pleno terbuka di tingkat kecamatan akan diselenggarakan 2 Juli mendatang.

“Temuan kesalahan akan diperbaiki pas pleno. Jadi kertas suara 63 ribu lembar lebih itu discan. Bisa dibaca oleh masyarakat luas,” sergahnya. Joko mengungkapkan penetapan paslon terpilihnya dalam Pilgub akan digelar pada 12 Juli. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 7 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.