Seribu Pohon Ditanam di Stadion Kebondalem Kendal

image

KENDAL – Seribu pohon, Jumat (29/04) pagi, ditanam di komplek Stadion Utama Kebondalem Kendal. Penanaman ini diharapkan dapat meneduhkan kawasan yang digunakan untuk olahraga. Penanaman pohon yang dilakukan pemuda, pelajar dan anggota Polri serta TNI ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan hari bumi.

Pohon yang ditanam berupa mahoni dan trembesi ini, ditanam untuk menyelamatkan lingkungan dari dampak pemanasan global. Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi, Pemuda Pancasila Kabupaten Kendal Mujib Rohmat mengatakan, lingkungan hidup yang lestari dan hijau akan menjadi warisan yang sangat berharga untuk generasi yang akan datang.

“Ketergantungan manusia terhadap alam tidak hanya dikaitkan dengan kebutuhan pangan dan mineral saja, tapi saling tergantung dan berinteraksi dalam bidang materi dan non-materi setiap orang mempunyai hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat,” jelasnya saat membuka aksi tanam pohon ini.

Ditambahkan  setiap orang juga mempunyai kewajiban untuk memelihara lingkungan hidup, termasuk mencegah dan menanggulangi perusakan lingkungan hidup. Mujib Rohmat menekankan bagi tercapainya pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah terwujudnya manusia sebagai pembina lingkungan hidup di mana pun berada. Manusia dengan lingkungannya senantiasa terjadi interaksi yang aktif dan kontinu. Dia mempengaruhi sekaligus dipengaruhi oleh lingkungan hidupnya, sehingga bisa dikatakan membentuk dan terbentuk oleh lingkungan hidupnya.

Sementara Ketua MPC Pemuda Pancasila Kendal, Ghufroni mengatakan program penanaman ini ada sekitar lima ribu pohon. Namun untuk tahap pertama ini, sebanyak seribu pohon ditanam di sekitar komplek Stadion Utama Kebondalem Kendal.

“Kita  juga melakukan perawatan selama dua bulan kedepan agar pohon yang ditanam ini bisa tumbuh dengan baik,” katanya.

Kegiatan penanaman pohon tersebut, menurut Kabag Humas Setda Kendal, Drs. heri Wasito, dilakukan dengan menanam 1000 pohon dengan jenis pohon akasia, mahoni, trembesi dan sengon. ” Sebenarnya stok bibit pohon ada 5000 pohon, namun karena lahannya kurang luas, maka yang 4000 akan ditanam di taman makam pahlawan dan semua kecamatan, ” jelas Heri Wasito. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.