Sepanjang Tahun Ini, Kemenkumham Jateng Deportasi 70 WNA

Terbanyak WN Cina

Dari 70 WNA dideportasi, separuhnya dari negara Cina sebanyak 34 orang. Mereka rata-rata bekerja sebagai pekerja di perusahaan besar di wilayah Jateng.

MAGELANG – Sepanjang tahun 2019 ini, jumlah warga negara asing (WNA) yang telah dideportasi mencapai 70 orang. Mereka yang sebagian besar dari negara-negara Asia seperti Cina, Korea dan India, banyak yang menyalahgunakan izin keimigrasian.

Divisi keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jateng, Ramli HS. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Sebab lain saat dilakukan pemeriksaan, tidak bisa menunjukkan dokumen perjalanannya,” kata Ramli HS, Divisi keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jateng, di sela-sela acara Rapat dan Pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) se Kota Magelang, di RM Kebon Semilir Kota Magelang, Selasa (23/7/2019).

Dari 70 WNA dideportasi, separuhnya dari negara Cina sebanyak 34 orang. Mereka rata-rata bekerja sebagai pekerja di perusahaan besar di wilayah Jateng, seperti pabrik sepatu, garmen, Pembangkit tenaga listrik dan lain sebagainya.

“Mereka sebelumnya menggunakan izin berwisata, namun ternyata digunakan untuk bekerja. Petugas Imigrasi melakukan penegakan hukum sesuai kewenangan. Kita lakukan pengusiran,” tegasnya.

Ramli juga mengungkapkan, beberapa waktu lalu, pihaknya juga menangkap 40 orang asing di Semarang. Mereka ditangkap karena kasus cyber crime dengan korban seluruhnya warga Negara asing.

Sebanyak 12 orang di antaranya sedang menunggu jadwal sidang, sedang 28 lainnya diserahkan ke Direktorat Jenderal Keimigrasian di Jakarta.

Sementara itu, pengukuhan Tim Pora Kota dan kecamatan se Kota Magelang ditandai dengan pemakaian jaket seragam oleh perwakilan Tim Pora. Turut hadir tim dari Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo.

Ramli mengatakan, pengawasan orang asing termasuk hal yang penting dilakukan. Pengawasan sudah dilakukan sejak orang asing itu masih di negaranya. Menurutnya, masyarakat bisa menyampaikan informasi terkait kegiatan orang asing tersebut. (MJ-24)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.