Sepanjang 2018, Inflasi di Jateng 2,82 Persen

Pada bulan Desember 2018 di Jateng terjadi Inflasi sebesar 0,44% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 132,98.

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi di Jawa Tengah sepanjang tahun 2018 mencapai 2,82%. Kondisi tersebut lebih baik dibandingkan inflasi nasional atau tahun-tahun sebelumnya.

Iustrasi. Kenaikan harga sayur turut memicu inflasi di Jawa Tengah. Foto: metrojateng.com/dok

Kepala BPS Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, inflasi tahunan 2018 di Jateng 2,82% lebih baik dibandingkan inflasi tahunan nasional yang mencapai 3,13%.

“Tidak hanya dibandingkan dengan inflasi nasional tahun 2018, inflasi tahunan 2018 di Jateng ini juga lebih baik daripada inflasi tahunan 2017 Jateng yang mencapai 3,71%,” katanya, Rabu (2/1/2019).

Diketahui, hal itu karena kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jateng yang sangat intensif mengendalikan harga komoditas. Selain itu, juga didukung oleh keamanan yang kondusif, distribusi pangan yang lancar, dan minim kejadian bencana di Jateng.

BPS mencatat, ada beberapa komoditas yang selama tahun ini mengalami kenaikan harga sehingga menyebabkan inflasi di antaranya rokok, daging ayam ras, beras, upah pembantu rumah tangga, upah bukan mandor, sayur, makanan jadi dan buah-buahan.

“Namun demikian, beberapa komoditas lain yang mampu menjadi penahan laju inflasi sepanjang 2018 antara lain, minyak goreng dan cabai merah,” tutur Sentot.

Dia menambahkan, untuk menjaga tingkat inflasi di Jawa Tengah pada tahun 2019 dibutuhkan kerja sama semua pihak baik pemerintah ataupun stakeholder.

“Agar inflasi terkendali perlu diperhatikan ketersediaan stok pangan hingga kelancaran distribusi agar kebutuhan masyarakat terpenuhi,” katanya.

Sementara itu, pada bulan Desember 2018 di Jateng terjadi Inflasi sebesar 0,44% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 132,98. Adapun, lima komoditas utama yang menjadi penyumbang inflasi di antaranya, naiknya harga telur ayam ras, daging ayam ras, angkutan udara beras dan bawang merah. (ang)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.