Sensus Penduduk 2020 Padukan Metode Online dan Offline

Masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk dengan mengisi data sendiri.

SEMARANG- Sensus Penduduk akan kembali digelar tahun 2020 mendatang. Saat ini Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mulai melakukan persiapan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Sentot Bagus Widoyono. Foto: metrojateng.com/ Anggun Puspita

Kepala BPS Jateng, Sentot Bagus Widoyono mengatakan, metode sensus ada yang menggunakan sistem online maupun offline, sehingga masyarakat bisa mengisikan datanya dengan mudah.

“Harapannya semua bisa disensus. Nanti ada metode menggunakan gawai langsung tapi ada juga dengan cara memanfaatkan website. Masyarakat bisa ngisi offline dan online. Kita akan sosialisasi cara kerjanya,” tandasnya.

Saat ini mulai mempersiapkan berbagai hal seperti gladi bersih menguji coba metodologi, menguji kuesioner dan sebagainya.

“Dari sekarang BPS Jateng sudah mulai menyusun manajemen resiko dari segala kemungkinan yang terjadi dengan mengidentifikasi berbagai aspek yang dapat mempengaruhi hasil sensus. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan kesalahan dan ketidakkonsistenan yang mungkin terjadi ke depan,” ungkapnya, Kamis, 9 Agustus 2018.

Kegiatan Sensus Penduduk mendatang membutuhkan persiapan yang panjang hingga tujuh tahun, mulai uji coba tata cara, uji coba daftar pertanyaan, uji coba instrumen serta pemetaan lokasi desa dan lainnya.

“Hal itu dilakukan karena melihat kendala seperti ada beberapa apartemen yang tertutup ketika disensus oleh petugas. Kendala seperti itu mulai diidentifikasi dari sekarang agar bisa menemukan cara yang tepat,” tuturnya.

Dengan perkiraan jumlah penduduk Indonesia sekitar 265 juta jiwa, petugas sensus yang dibutuhkan bisa mencapai satu juta petugas.

“Jawa Tengah baru kita petakan potensi-potensi yang misalkan nanti pakai android atau paper itu kan berbeda. Nah, sekarang kita sedang memetakan hal itu untuk mengetahui berapa jumlah petugas yang dibutuhkan di Jateng,” jelas Sentot. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.