Sensasi Gurih Segar Bakso Klamud yang Bikin Nagih

Bakso disajikan dalam wadah tempurung dan campuran sedikit kelapa muda untuk menambah rasa gurih.

KENDAL – Menikmati bakso dengan wadah pangsit sudah biasa. Tapi, warung bakso di Kendal menyajikan makanan berkuah ini dalam tempurung kelapa muda (klamud).

Bakso Klamud jadi primadona baru pemburu kuliner. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Warung bakso Kondang Roso di Patebon Kendal ini sama dengan warung bakso lainnya. Bedanya hanya menu bakso yang ditawarkan.

Bakso klamud ini merupakan inovasi Hijrah Budi Raharjo warga Patebon Kendal. Bakso disajikan dalam wadah tempurung dan campuran sedikit kelapa muda untuk menambah rasa gurih.

Wadah yang digunakan bukan tempurung kelapa muda bekas, namun diambil dari kelapa muda yang masih baru. Kelapa muda ini nantinya akan menjadi minuman pendamping bakso, tempurungnya digunakan sebagai wadah bakso.

Hijrah Budi Raharjo sendiri mengaku baru empat bulan membuat inovasi bakso kelapa muda. “Setelah membaca buku tentang kesehatan, ada artikel tentang manfaat kelapa muda. Dari situlah muncul ide untuk menggabungkan bakso dengan kelapa muda yang banyak khasiatnya,” jelasnya saat ditemui di warungnya, belum lama ini.

Cara membuat bakso tidak ada yang berbeda dengan bakso pada umumnya hanya wadahnya saja. Mie dan sayuran dimasukkan ke tempurung kelapa muda kemudian disiram dengan kuah lengkap dengan bakso dan irisan daging.

Bagi penggemar bakso menu ini diyakini lebih gurih dan enak. Uswah misalnya, warga Semarang ini penasaran dengan bakso kelapa muda. Menurutnya rasa baksonya lebih gurih kuahnya juga lebih segar karena ada sedikit campuran irisan kelapa muda yang tersisa.

“Penasaran saja di sosmed ramai bakso kelapa muda dan dibela-belain datang. Ternyata rasanya memang gurih dan enak,” ujar Uswah.

Nikmatnya bakso kelapa muda ini juga diakui Eko Purwanto. Menurutnya irisan kelapa muda yang masih menempel di tempurung menjadi sensasi sendiri saat menikmati bakso.

“Kuahnya juga lebih gurih dan segar karena ada sedikit campuran air kelapa,” kata Eko.

Bakso kelapa muda ini banyak digemari pelanggannya, selain bisa berkhasiat kuah bakso yang disajikan ditambah dengan rempah-rempah sehingga rasanya semakin gurih.

Dalam sehari warung bakso Kondang Roso ini bisa menghabiskan 60 buah kelapa muda. Bahkan saat akhir pekan, Hijrah harus menyiapkan kelapa muda lebih banyak karena bisa menghabiskan hingga 150 butir.

Untuk bisa menikmati bakso kelapa muda dengan paket satu gelas kelapa muda segar hanya membayar Rp 25 ribu. Dijamin perut kenyang dan segarnya kelapa muda didapat.

Penasaran dengan gurih dan segarnya bakso kelapa muda silakan mampir jika melintas di jalan pantura Kebonharjo Patebon Kendal. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.