Sempat Viral, Rumah Nenek Fathonah akan Direhab Total

Libatkan TNI Polri

Adapun semua biaya, akan ditanggung warga dengan mengumpulkan sumbangan secara sukarela.

TEGAL – Sempat viral di dunia maya, nenek Fathonah (75) terus kebanjiran bantuan dari berbagai penjuru. Puncaknya, belasan warga bersama TNI Polri melakukan kerja bakti membersihkan rumah Fathonah di Jalan Samadikun, RT 02/ RW II, Kelurahan Tunon, Minggu (14/4/2019) pagi.

Warga bersama TNI Polri membersihkan rumah Fathonah, Minggu (14/4/2019). Foto: metrojateng.com/adithya

Rumah petak seluas 4×4 meter tersebut juga bakal direhab total dengan menggunakan dana sumbangan sukarela dari warga sekitar. Namun, tak menutup kemungkinan bantuan juga akan diberikan Pemerintah setempat.

Ketua RW II, Nurokhim kepada metrojateng.com mengungkapkan, atas inisiatif warga setempat rumah nenek Fathonah dibersihkan secara gotong royong. Saat ini baru tahap pembersihan rumah dan isinya agar tidak kelihatan kumuh.

“Murni inisiatif warga kami melakukan kerja bakti dan gotong royong membersihkan rumah nenek Fathonah. Alhamdulillah, jajaran TNI Polri di Tegal Selatan juga ikut turun membantu kami,” kata Nurokhim.

Ditambahkan dia, nantinya rumah Fathonah akan direhab secara berkala. Dimulai dari bagian depan, yakni teras rumah diplester menggunakan semen, serta akan diberi galvalum atau baja ringan di bagian atas. Adapun semua biaya, akan ditanggung warga dengan mengumpulkan sumbangan secara sukarela.

Penampakan rumah Fathonah setelah dibersihkan. Rencananya rumah tersebut akan direhab secara berkala. Foto: metrojateng.com/adithya

“Warga sendiri yang akan ‘remojongan’ memberi bantuan sukarela untuk merehab. Termasuk pula nanti untuk tenaga pekerja,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RT 02 Solihun menambahkan, saat ini pihaknya berharap ada sejumlah dermawan yang mau mengulurkan tangannya. Sehingga rumah Fathonah bisa segera direnovasi sehingga layak ditempati.

Selain warga, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Tegal juga memberikan bantuan berupa nasi bungkus dan air minum untuk warga yang bekerja bakti. Bahkan, kesehatan nenek Fathonah juga ikut diperhatikan dan langsung mendapat pemeriksaan. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.