Sempat Gagal Lelang, Pasar Margasari Segera Dibangun

Kegagalan lelang tahun lalu menyisakan beban psikologis dan ekonomi yang mendalam bagi warga pedagang.

TEGAL – Kabar gembira nampaknya datang untuk warga Margasari, Kabupaten Tegal. Setelah sekian lama diombang-ambingkan permasalahan pasar, kini kepastian sudah mulai nampak. Pasalnya, Pemkab Tegal telah memiliki pemenang lelang pembangunan pasar di wilayah Tegal bagian selatan tersebut.

Kondisi eks-Pasar Margasari, Kabupaten Tegal nampak masih rata dengan tanah. Saat ini, aktivitas pasar dialihkan ke lahan milik Perhutani. Foto : metrojateng.com/ adithya

Bupati Tegal, Umi Azizah turut merasa lega dengan perkembangan baru tersebut. Kendati masih terdapat sanggahan dari peserta yang kalah lelang. Pihaknya mengaku optimistis pembangunan Pasar Margasari bisa dilakukan sesegera mungkin.

Menurut Umi, menyanggah merupakan hak prerogatif peserta lelang yang harus dihormati. Sementara pihaknya, merespons secepat mungkin permasalahan yang muncul tersebut. Sebagai kepala daerah, dia tidak mengintervensi proses lelang.

“Saya terus memantau perkembangannya seperti apa. Pasar Margasari memang sudah sangat-sangat dinantikan warga pedagang,” kata Umi kepada metrojateng.com, Jumat (17/5/2019).

Menurutnya, kegagalan lelang tahun lalu menyisakan beban psikologis dan ekonomi yang mendalam bagi warga pedagang. Jadi, jika saat ini masih ada yang menunda pelaksanaannya, secara nurani tentu tidak pas. Ihwal sanggahan tersebut, lanjut Umi, sudah dijawab Pokja atau panitia lelang.

“Panitia lelang sudah bersikap profesional dengan melibatkan peran LKPP lewat probity advice-nya,” tegas Umi.

Dengan pagu anggaran senilai Rp 24,35 miliar, Umi berharap hasil pembangunan Pasar Margasari memuaskan. Adapun tahapan setelah proses lelang selesai yakni mengawal pelaksanaannya.

“Semuanya harus sesuai DED, berkualitas, tepat waktu dan paripurna. Tidak ada lagi penyempurnaan, harus tuntas,” harapnya.

Disinggung soal pemenang lelang yang bukan dari Kabupaten Tegal, Umi mengatakan, asal perusahaan tidak ada kaitannya dengan ini. Mekanisme lelang, jelas Umi, membuka peluang siapa saja dan dari mana saja untuk menawar. Tujuannya, menumbuhkan persaingan sehat, tidak hanya memperhatikan harga penawaran, tapi juga menilai kualifikasi perusahaan, aspek teknis dan administrasinya.

Sebagaimana dilansir laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Tegal, pemenang pekerjaan pembangunan Pasar Margasari adalah PT. Daya Samudera Cipta Mandiri. Perusahaan yang berkantor di Kabupaten Purbalingga ini menawarkan harga Rp. 22,1 miliar. (MJ-10)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.