Sempat Alot, Warga Mulai Lepas Tanahnya untuk Jalan Tol

?
 
KENDAL – Warga Desa Sumbersari Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal  yang sebelumnya tidak mau melepaskan tanahnya untuk pembangunan jalan tol Batang-Semarang mulai menerima ganti rugi. Meski belum seluruh warga melepas tanahnya, Jumat (18/11) siang pembayaran ganti rugi diberikan tanpa potongan dan langsung kepada penerima.

Disaksikan Bupati Kendal Mirna Annisa, pejabat pembuat komitmen dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kendal Hery Faturahman sebanyak 14 warga Desa Sumbersari  menerima pembayaran uang ganti kerugian di balai desa setempat.

Warga menerima ganti rugi dalam bentuk tabungan, tanpa ada pemotongan sepesarpun. Pembayaran ganti kerugian ini diberikan setelah warga sepakat melepas tanahnya untuk pembangunan jalan tol. Bupati  berharap di Kendal, bisa segera menyelesaikan pembebasan lahan untuk jalan tol seperti daerah lainnya.
 
“Saya berharap Kendal seperti daerah lainnya bisa menyelesaikan pembebasan lahan untuk jalan tol,” katanya.

Hal ini dilakukan agar pembangunan di Kabupaten Kendal tidak ketinggalan dan terganjal hanya karena proyek pemerintah pusat belum selesai. Bupati juga berpesan kepada warga bahwa pembebasan tanah sepenuhnya kewenangan pemerintah pusat.

“ Warga yang terdampak jalan tol langsung menerima uang ganti kerugian secara penuh melalui rekening tabungan, bukan seperti anggapan masyarakat pemerintah daerah yang membayar ganti rugi,” jelas Mirna.

Sementara itu Kepala Desa Sumbersari, Sujarwo merasa lega warganya yang awal tidak mau melepaskan tanahnya untuk proyek jalan tol mulai berangsur angsur melepas. “Kita akan  terus melakukan upaya pendekatan kepada warga yang belum mau melepaskan tanahnya,” ujar Sujarwo.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan jalan tol Batang Semarang Tendi Hardiyanto menargetkan pembayaran ganti kerugian proyek jalan tol  bisa selesai hingga akhir tahun ini. “Pembayaran ganti rugi ini sebagai pembuktian kepada warga bahwa pembangunan jalan tol ini adalah proyek stategis pemerintah pusat,” katanya.

Jalan tol Batang Semarang yang melintas di Kabupaten Kendal sepanjang kurang lebih 37 kilometer. Wilayah yang sudah selesai pembayaran ganti kerugian yakni Kecamatan Weleri, Ringinarum, Pegandon, Ngampel dan Kaliwungu Selatan. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

3 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.