Seminar Nasional HMJ Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang

 

SEMARANG – Salah satu program kerja dari Divisi Teknik Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang adalah Seminar Nasional 2020  yang pada tahun ini bertema “Get The Better Future with Data Science in The Digital Era” supported by Gmedia. Kegiatan SEMNAS 2020 dilaksanakan dengan tujuan mahasiswa elektro dapat menjadi mahasiswa yang memiliki pemikiran kritis dalam bidang teknologi informasi dengan mempertajam citranya supaya mudah dikenal oleh publik untuk mengahadapi dunia kerja.

Hal ini pun selaras dengan peran Gmedia untuk membina dan membangun karakter serta menambahkan ilmu pengetahuan mengenai teknologi informasi terkini kepada generasi muda agar peka terhadap lingkungan baru. Kegiatan ini dilaksanakan secara online menggunakan platform zoom. Kegiatan SEMNAS 2020 melibatkan masyarakat elektro dan masyarakat luar yang berjumlah 32 peserta yang berlangsung pada Sabtu, 21 November 2020.

Kegiatan SEMNAS 2020 diadakan secara online untuk seluruh peserta, sementara untuk panitia diberlakukan sesuai jobdesk yang diberikan. Sejumlah 25 orang STO Himpunan Mahasiswa Elektro 2020/2021 menjadi panitia offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dan sejumlah 42 orang STO Himpunan Mahasiswa Elektro 2020/2021 menjadi panitia online. Hal ini bertujuan agar tidak membahayakan keamanan atau kesehatan orang lain dan membatasi adanya kerumunan orang. 

Pada Sabtu, 21 November 2020 kegiatan SEMNAS 2020 dilaksanakan melalui platform zoom memasuki zoom dan acara dibuka pukul 08.00 WIB. Setelah pembukaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua Pelaksana, sambutan Ketua Himpunan, sambutan Pembina HME, dan sambutan Ketua Jurusan Himpunan Jurusan Teknik Elektro. Kemudian dilanjutkan absensi pertama selama sambutan berlangsung yang dilakukan oleh peserta SEMNAS 2020. Kemudian memasuki inti acara yang diawali dengan pengenalan pembicara pertama, yaitu Ibu Dr. Ir. Kurnianingsih, S.T., M.T. selaku Kaprodi Teknologi Rekayasa Komputer dan pembicara kedua yaitu Bapak Bima Putra Pratama selaku Data Scientist DANA Indonesia. Garis besar kedua pembicara tersebut membahas mengenai penjelasan lebih dalam data science dan teknologi informasi secara umum yang terkait data science, kemudian ancaman dan tantangan bagi mahasiswa dan kaum muda, serta peran dan manfaatnya.

Pada setiap akhir materi pembahasan terdapat sesi tanya jawab mengenai materi 1 dan materi 2. Peserta sangat antusias dengan diberikannya sesi untuk bertanya kepada pemateri. Di akhir kegiatan, pemateri menyampaikan kesimpulan dan motivasi kepada peserta dan diikuti dengan pembagian link absen kedua di platform zoom. Setelah itu, MC menyampaikan nama peserta yang mendapatkan doorprize untuk menghubungi contact person panitia, acara selesai tepat pukul 11.15 WIB.

 

Kegiatan SEMNAS 2020 ini dapat berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala dan diharapkan melalui kegiatan ini para peserta dapat menumbuhkan kepribadian yang kritis dan paham akan teknologi informasi terutama di bidang data scientist yang baik.

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.