Selesai Diperbaiki, Kapal Penangkap Ikan di Tegal Terbakar

Kapal berlambung KM Akbar Mulya Satu GT 98 tersebut diduga terbakar akibat bekas perbaikan pengelasan.

TEGAL – Sebuah kapal penangkap ikan nyaris terbakar usai diperbaiki di dermaga PT Adhinusa Dian Manggalindo, Jalan Bali, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kamis (20/6/2019) malam. Insiden tersebut diketahui pertama kali oleh warga yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

Petugas pemadam kebakaran Pemkot Tegal memyemperotkan air ke bagian cerobong kapal yang masih mengeluarkan asap. Foto : metrojateng/ adithya

Warga yang melapor ke Ketua RT dan petugas pemadam kebakaran, kemudian mendatangi sumber api. Nahas, jalan menuju lokasi terhalang gerbang, sehingga warga membuka paksa dengan cara didobrak.

Takut nyala api semakin membesar, warga bergotong royong memadamkan dengan alat seadanya dan sebuah alat pompa kecil. Beruntung, dua unit mobil pemadam kebakaran Pemkot Tegal yang tiba di lokasi langsung membantu memadamkan si jago merah.

“Pertama yang lihat api anak-anak kecil, lalu teriak minta tolong. Pas mau didatangi ternyata jalan ke lokasi terhalang gerbang. Karena dermaga memang dijaga satpam dan kebetulan satpamnya sedang istirahat,” terang Ketua RT 15/ RW 11, Slamet Mulyanto kepada metrojateng.com.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kapal berlambung KM Akbar Mulya Satu GT 98 tersebut diduga terbakar akibat bekas perbaikan pengelasan pada Kamis siang. Dimana bagian kapal yang terbakar, merupakan dua cerobong asap dengan berbahan dasar fiber plastik.

“Dipadamkan warga pakai delco (alat pompa). Lalu pemadam datang dan memadamkan titik lainnya,” imbuh Slamet.

Sementara itu, salah seorang petugas pemadam kebakaran Pemkot Tegal, Casmidi menuturkan, meski sudah berhasil dipadamkan warga, namun pihaknya tetap memyemperotkan air dan membongkar dua cerobong asap kapal tersebut.

“Masih ada asap putih, kita bongkar cerobong fibernya dan disemprot bagian dalamnya. Sebab, jika dibiarkan takut sewaktu-waktu terbakar lagi,” tutupnya. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.