Selangkah Lagi, PSIS!

Dengan lima laga tersisa, PSIS hanya butuh satu kemenangan lagi agar benar-benar aman

MAGELANG – Satu kaki PSIS sudah berada di Liga 1 musim depan. Satu kemenangan lagi bakal membuat Mahesa Jenar benar-benar aman dari ancaman turun kasta.

Jafri Sastra meluapkan kegembiraan bersama putrinya usai PSIS menaklukkan Arema FC, Minggu (4/11/2018). Foto: metrojateng.com/tri wuryono

PSIS semakin menjauh dari zona degradasi usai mengalahkan Arema FC di Stadion Moch Soebroto Magelang, Minggu (4/11/2018). Tambahan tiga angka membawa armada besutan Jafri Sastra melesat ke peringkat 8 dengan raihan 39 poin, unggul tujuh poin dari Perseru Serui di garis zona merah.

Namun, kemenangan tersebut tak didapat dengan mudah. Meski tanpa Dedik Setiawan dan Bagas Adi Nugraha yang memerkuat Timnas Indonesia, pasukan Singo Edan memberi perlawanan sengit terhadap Mahesa Jenar.

Sempat kecolongan oleh gol Bayu Nugroho di babak pertama, Arema FC tampil menggila di paruh kedua. Hamka Hamzah dkk mendominasi permainan dan membuat sejumlah peluang berbahaya.

Tapi hanya satu yang mampu dikonversi menjadi gol melalui sontekan Dendi Santoso di menit 72. Justru tuan rumah yang akhirnya keluar sebagai pemenang setelah Bruno Silva berhasil menyarangkan bola di menit 84.

Bahkan Bruno Silva nyaris menambah derita Singo Edan andai golnya di menit 86 tidak dianulir wasit. Striker asal Brasil itu dianggap sudah lebih dulu terperangkap offside.

Skor 2-1 sudah cukup memuaskan pelatih Jafri Sastra. Dia memuji timnya yang tampil solid meski terus mendapat tekanan dari lawan.

“Kemenangan yang luar biasa. Kami sudah memprediksi Arema akan keluar menyerang melalui sayap. Tapi saya instruksikan anak-anak agar bermain sabar dengan satu dua sentuhan dan itu cukup berhasil,” katanya seusai laga.

Tapi, Jafri juga mempunyai koreksi terhadap permainan Hari Nur cs. “Gol balasan Arema terjadi karena tidak ada komunikasi di barisan pertahanan. Faktor ini juga menjadi catatan saya dan akan terus kami benahi,” tegasnya.

Hasil di pekan ke-29 tersebut setidaknya bisa sedikit mengurangi beban penggawa Mahesa Jenar. General Manager PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto berharap timnya bisa segera memastikan bertahan di kompetisi kasta teratas.

“Tiga poin hari ini sangat krusial bagi PSIS. Dengan lima laga tersisa, kami hanya butuh satu kemenangan lagi agar benar-benar aman,” kata dia.

Selain revans atas kekalahan di putaran pertama, kemenangan atas Arema FC bakal sangat berguna untuk memompa motivasi pemain PSIS. “Kami masih memiliki dua laga kandang dan tiga kali away. Kemenangan ini akan membuat anak-anak lebih percaya diri dalam mengarungi sisa kompetisi,” Liluk menambahkan.

PSIS dijadwalkan melakoni away ke markas Borneo FC, Jumat (9/11) pekan depan, sebelum menjamu Persib Bandung pada Minggu (18/11). (twy)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.