Selama Ramadan, PNS Masuk Siang Pulang Gasik

image

JEPARA - Jam kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, selama Ramadan dikurangi. Pengurangan jam kerja dilakukan dengan pemunduran jam masuk dan percepatan jam pulang kerja.

Kepala Bagian Humas Setda Jepara, Hadi Priyanto menjelaskan, jam kerja PNS di Kabupaten Jepara memang dikurangi. Pengurangan dilakukan sebagai bentuk toleransi. Sebab, kondisi fisik saat berpuasa berbeda dengan dengan hari-hari biasa.

“Jam masuk di hari biasa selain Ramadan, pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB. Saat bulan puasa ini, PNS masuk pukul 07.30 WIB. Sedangkan jam pulang kerja dimajukan pada pukul 14.30WIB. Khusus untuk hari Jumat pulang pada pukul 11.00 WIB,” papar Hadi Priyanto, Senin (6/6/2016).

Hadi menambahkan, selain pertimbangan kondisi fisik, alasan lain pengurangan jam kerja ASN untuk memeberikan kesempatan ASN, terutama ibu-ibu, menyiapkan segala kebutuhan makan saat waktu berbuka tiba di rumah. Pasalnya, jika biasanya ada keluarga tidak memasak untuk kebutuhan makan, pada momentum Ramadan ini lebih memilih memasak sendiri.

“Untuk menyiapkan makanan untuk berbuka itu juga tidak singkat. Butuh persiapan juga, sehingga pengurangan jam kerja ini sekaligus memberikan kesempatan bagi ibu-ibu untuk memenuhi kewajiabannya di rumah sebagai istri maupun ibu,” kata hadi.

Meski demikian, Hadi menandaskan, sejumlah sektor pelayanan masyarakat vital tetap berlangsung normal. Khususnya pelayanan kesehatan maupun kedaruratan. Pelayanan tetap dilakukan sebagaimana hari biasa. (Oby)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

79 − = 72

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.