Sekur Karatan, Tiang Penyangga Jembatan Surobayan Roboh

image
Proyek Jembatan Surobayan di Pekalongan

PEKALONGAN – Empat tiang pancang penyangga Jembatan Surobayan Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan ambruk, pekan lalu. Diduga hal itu disebabkan sekur (pipa penyangga) tiang pancang menggunakan bahan bekas sehingga tidak kuat menahan beban.

?Seorang pekerja proyek Jembatan Surobayan yang enggan disebutkan namanya mengatakan, robohnya tiang pancang itu diduga disebabkan karena bahan baku yang digunakan sudah karatan.

“?Sekurnya sudah pada karatan. Pas kemarin roboh itu, tiang pancangnya bengkok di bagian yang karatan itu,” ungkapnya.

Pengerjaan tiang pancang tersebut, kata dia, dilakukan selama 15 hari. Namun robohnya tiang pancang penyangga jembatan itu membuat proses pengerjaan proyek senilai Rp 25 M dengan pelaksana proyek PT Tirta Bumi Kencana dilakukan ulang.

“Saat ini penyangganya diganti bambu. Kemungkinan lebih kuat daripada pakai sekur kaya kemarin,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun metrojateng.com, menurut warga sekitar, kejadian robohnya tiang pancang pada pekan lalu itu terkesan ditutup-tutupi. Selain itu, juga tidak ada tindakan tegas dari pemerintah terhadap pelaksana proyek terkait penggunaan pipa besi bekas dan tidak layak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pekalongan,? Soediarto, mengatakan robohnya tiang pancang penyangga jembatan itu sudah diperbaiki.
“Kemarin memang roboh, tapi ini dilepas kemudian dirakit ulang lagi. Kalau kemarin keempat tiang dibangun serentak kini dibangun satu per satu. Agar lebih aman dan tidak roboh,” ungkapnya.

Soediarto juga mengiyakan jika bahan yang digunakan pada tiang pancang jembatan merupakan barang bekas. “Memang dulu, pipa besi ada yang bekas, tapi sekarang sudah diganti bahan yang lebih bagus dan kuat, berupa bambu,” jelasnya.

Meski dilakukan pengerjaan ulang, Soediarto mengaku, hal itu tapi tidak akan mengganggu jadwal pengerjaan Jembatan Surobayan. Pekerjaan dari anggaran bantuan sarana dan prasarana Pemprov Jateng tersebut dijadwalkan selesai dalam 240 hari kalender. (MJ-21)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.