Sekda Kota Magelang Ramaikan Bursa Pilwakot dari PDI Perjuangan

Tidak menutup kemungkinan, orang yang bukan menjadi kader atau pengurus partai, bisa turut berpartisipasi lewat PDI Perjuangan.

MAGELANG – Sampai batas waktu pendaftaran, Minggu (22/9) malam, sebanyak 8 bakal calon (balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 telah mengembalikan formulir pendaftaran ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan setempat. Tiga orang mendaftar sebagai balon wali kota dan 5 lainnya sebagai balon wakil wali kota. Salah satunya, Sekda Kota Magelang Joko Budiono ikut mendaftar sebagai balon wali kota.

Wilujeng Isnoniati, salah satu bakal calon Wakil Wali Kota Magelang yang mendaftar melalui PDI Perjuangan. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Pak Joko menjadi satu-satunya ASN yang mendaftar sebagai balon wali kota maupun wakil wali kota,” terang Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Magelang, Budi Prayitno, Senin (23/9/2019).

Sedang dua nama balon lainnya merupakan nama yang tidak asing lagi yakni Windarti Agustina yang masih menjabat sebagai wakil wali kota dan Stin Syahyutri Soekisno, anggota DPRD.

Sementara itu, lima nama lain yang mendaftar sebagai balon wakil wali kota antara lain Aji Setiawan (Anggota DPRD), Paryanto, Wilujeng Isnoniati (pengusaha), Suharyanta dan Setya Raharja (ketua BMI).

Budi Prayitno menambahkan, daftar balon sudah dikirim ke DPP PDI-P melalui surat elektronik. Semua nama itu akan diproses DPP yang memiliki kewenangan untuk memilih bakal calon.

“Kita sebatas mengirim nama-nama yang mendaftar dan selanjutnya di proses DPP PDI-P,” terang Udik, sapaan akrabnya.

Siapa nantinya yang bakal mendapatkan rekomendasi, sudah wewenang penuh ketua PDI-P, Megawati Soekarno Putri. Ia menerangkan, PDI Perjuangan juga bersifat terbuka. Tidak menutup kemungkinan, orang yang bukan menjadi kader atau pengurus partai, bisa turut berpartisipasi melalui partainya .

Sebelumnya, sebanyak 12 orang yang mengambil formulir. “Ternyata hanya 8 yang mengembalikan, sedang empat lainnya tidak mengembalikan,” kata Udik.

Terkait rencana dirinya yang akan meramaikan bursa pilwakot, Udik menyatakan masih menunggu izin dari DPP PDI-P. Sebab sesuai aturan partai, dirinya selaku ketua DPC PDI-P dan juga ketua DPRD, tidak melalui mekanisme pendaftaran, namun harus mendapat izin dari DPP. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.