Sejumlah Minimarket di Kendal Kedapatan Jual Makanan Kadaluarsa

Makanan jenis nugget paling banyak disita karena sudah kadaluarsa sejak awal Juni silam.

KENDAL – Sejumlah minimarket di Kendal kedapatan masih membandel dan nekat menjual makanan dan minuman kadaluarsa. Ini diketahui dari hasil razia tim gabungan Dinas Kesehatan dan Polres Kendal, Kamis (27/6/2019).

Razia makanan kadaluarsa di sejumlah minimarket Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Tim gabungan mendatangi minimarket di Pantura Pucangrejo Gemuh Kendal setelah mendapat laporan dari masyarakat. Dari pemeriksaan petugas di minimarket ini ditemukan 11 jenis makanan dan minuman yang sudah tidak layak dikonsumsi.

Makanan jenis nugget paling banyak disita karena sudah kadaluarsa sejak awal Juni silam. Belasan bungkus nugget ini masih dijual dalam lemari pendingin dan tidak diganti dengan yang baru. Selain nugget sejumlah minuman kemasan juga didapati sudah kadaluarsa.

Petugas kemudian melakukan razia di minimarket di Kaliwungu Selatan. Minimarket yang sudah ditegur dan diberi peringatan pada awal Juni silam ternyata masih membandel dan menjual makanan dan minuman kadaluarsa. Bahkan minimarket ini menjual teh kemasan yang sudah kadaluarsa sejak 2018.

Kepala toko, Sahid berdalih kalau di tokonya  dilakukan pengecekan sekaligus perapian barang seminggu sekali. Namun diakui masih ada barang kadaluarsa lolos dari pantauan.

Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Kendal Dhina Khameswari mengatakan, razia ini dilakukan setelah banyak laporan masyarakat. “Sebelumnya kita hanya memberi teguran dan peringatan namun kali ini dengan menggandeng Polres Kendal barang yang kadaluarsa dibawa untuk dijadikan barang bukti,” jelasnya.

Hal ini dilakukan untuk memberikan efek jera  pada pemilik toko atau minimarket yang menjual makanan dan minuman kadaluarsa karena merugikan masyarakat. Nantinya pemilik toko akan dipanggil guna penyidikan pihak polisi. (MJ-01)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.