Sebagian Wilayah Jateng Mulai Diguyur Hujan, Waspada Cuaca Ekstrem

Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Jawa Tengah hanya terjadi dua sampai tiga hari saja.

SEMARANG – Memasuki awal September, sebagian daerah di Jawa Tengah mulai diguyur hujan. Menurut pengamatan Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, intensitas curah hujan yang rendah mulai bermunculan di area jalur Pantai Utara (Pantura) dan sebagian pegunungan tengah serta eks-Karesidenan Surakarta.

Ilustrasi. Hujan mulai mengguyur sebagian wilayah Jawa Tengah di awal September. Foto: metrojateng.com/dok

“Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Jawa Tengah hanya terjadi dua sampai tiga hari saja. Setelah itu, diperkirakan potensi cuacanya hanya berawan dan hujan ringan,” ungkap Iis Harmoko, Kasi Data Dan Informasi, Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Semarang, kepada metrojateng.com, Senin (3/8/2018).

Iis menyebut daerah-daerah yang telah turun hujan berada di Pekalongan, Kota Semarang, Kudus, Kendal.

Kota Semarang misalnya, sempat diguyur hujan pada 1 September dengan intensitas mencapai 48 milimeter. Kemudian pada 2 September hujan juga terjadi sekitar 5 milimeter.

Namun demikian, ia menyatakan masih ada sejumlah daerah juga sudah diguyur hujan dengan intensitas sedang atau menengah. Daerah yang dimaksud berada di Kabupaten Wonosobo, Purworejo sisi utara, sebagian sisi barat Cilacap, Temanggung dan Magelang.

Curah hujan di awal bulan ini disebabkan adanya pergerakan pusat konvektif masa udara basah atau Madden Julian Oscilation (MJO) dari barat ke timur Indonesia dengan siklus kehadiran 30-90 hari. Munculnya siklus ini akibat El Nino yang semakin melemah.

Ia pun meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat memasuki masa transisi dari kemarau panjang menuju musim penghujan.

“Harap waspada terhadap perubahan cuaca yang sangat ekstrem dengan intensitas curah hujan sedang menuju lebat selama 30-60 menit. Sebab, hal itu berpotensi munculnya petir, angin kencang maupun puting beliung,” tandansya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.