Satu Menit Mendebarkan Berkendara Aman dengan Dion Wiyoko

Kami berharap melalui kegiatan ini generasi muda menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

SEMARANG- Dalam waktu kurang lebih satu menit mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang merasakan pengalaman khusus dalam berkendara. Mereka mendapat bimbingan dan pendampingan berkendara yang aman dari profesional PT Toyota Astra Motor (TAM) di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip, Rabu (19/9/2018).

PT Toyota Astra Motor menggelar kegiatan Safety Riding dengan menghadirkan artis Dion Wiyoko dan pembalap profesional Alinka Hardianti di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip, Rabu (19/9/2018). Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita

Pembalap profesional Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Toyota Safety Brand Ambassador, Dion Wiyoko yang secara langsung mendampingi generasi muda dalam kegiatan safety driving itu.

Salah satu peserta berkendara aman, Eriska (21), merasakan langsung pengalaman berkendara aman bersama Dion Wiyoko yang juga aktor film itu. Duduk di kursi pengemudi, mahasiswa jurusan Manajemen itu ditemani Dion di kursi penumpang.

Selama kurang lebih satu menit mengelilingi lapangan, sejumlah rintangan dilalui Eriska dengan mengendarai Toyota Yaris.

Mahasiswa semester 5 itupun diajak untuk lebih mengenal mobil Toyota Yaris mulai perangkat keselamatan. Lalu diajarkan teori-teori berkendara aman yang aplikatif untuk kondisi sehari-hari.

“Sangat menyenangkan dan mendebarkan berkendara didampingi Kak Dion. Namun tidak itu saja, saya juga jadi tahu fitur keamanan lengkap dari Toyota Yaris,” kata dia.

Fitur keamanan itu, yakni tujuh Titik SRS Airbags untuk melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan, Hill Start Assist (HSA) fitur yang memudahkan pengemudi saat berada di tanjakan, Vehicle Stability Control untuk menghindari kondisi oversteer atau understeer dan Anti-lock Braking System yang berfungsi mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak.

Dion yang juga membintangi Toyota Film Series berjudul “Mengakhiri Cinta Dalam Tiga Episode” itu juga secara langsung mengedukasi para mahasiswa tentang berkendara aman.

“Berkendara aman itu dimulai dengan mengenal rambu lalu lintas. Kemudian, harus disiplin dan mematuhi aturan di jalan raya,” tuturnya.

Menurut dia, setiap pengguna jalan pasti memiliki tujuan dalam setiap perjalanannya. Untuk itu, perlu kesadaran bukan hanya ia saja di jalan raya.

Sementara itu, selama kegiatan berlangsung, Toyota menghadirkan beberapa booth yang bisa dieksplor oleh para peserta, di antaranya Toyota Safety Features Simulator, Augmented Reality Photo Booth, Live Talk Show hingga Safety Driving Test.

Fransiscus Soerjopranoto, executive General Manager PT Toyota Astra Motor mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya menargetkan generasi muda dan mahasiswa mengikuti rangkaian safety campaign oleh Toyota.

Pihaknya menggelar acara ini di berbagai seperti Universitas Indonesia, Universitas Surabaya, UPN Surabaya, Itenas Bandung dan Unpand Bandung.

“Kami berharap melalui kegiatan ini generasi muda menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” kata dia. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.