Satlantas Polres Tegal Buka Layanan SIM D Khusus Difabel

SIM yang diperuntukkan para difabel terbagi menjadi dua jenis.

TEGAL – Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Tegal membuka layanan SIM D bagi penyandang disabilitas. Layanan ini dibuka, menyusul masih rendahnya kepemilikan SIM di kalangan kaum difabel.

Penyandang disabilitas melakukan ujian praktik SIM D menggunakan roda tiga di Mapolres Tegal. Foto : metrojateng.com/ adithya

Kasubag Humas Polres Tegal, Iptu Slamet Nurosyid mengemukakan, SIM yang diperuntukkan para difabel terbagi menjadi dua jenis. Dimana terdapat SIM C untuk difabel tuna rungu dan SIM D untuk difabel cacat fisik.

Lebih lanjut dia menerangkan, kepemilikan SIM di kalangan kaum difabel dinilai masih minim. Bukan disebabkan oleh rendahnya kesadaran para kaum difabel, melainkan minimnya penyelenggaran ujian khusus difabel.

“Dengan adanya layanan khusus ini, diharapkan kepemilikan SIM untuk difabel dapat terpenuhi. Sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan Pasal 80 ayat e disebutkan para difabel tetap wajib memilik memiliki SIM D,” ujar Slamet kepada media, Jumat (15/11) siang.

Adapun layanan tersebut sama pada pemohon normal, baik uji teori, tes kesehatan dan administrasi. Hanya saja, pada saat praktik para difabel ini menggunakan sepeda roda tiga yang telah dimodif. Rintangan yang dilalui pun sama, hanya jaraknya yang diperlebar.

Sementara itu, salah satu peserta ujian SIM D, Mustain mengaku, baru pertama kali ini mengikuti ujian SIM D. Dirinya berkeinginan memiliki SIM, lantaran dalam beraktivitas sehari-hari selalu menggunakan sepeda motor roda tiga.

Disebutkan Mustain, selama hampir kurang lebih empat tahun, dirinya berkendara tanpa memiliki SIM. Dirinya tergugah, setelah mengetahui teman sesama difabel memiliki SIM.

“Ada teman yang difabel sudah punya SIM. Setelah saya tanya, ternyata bisa difasilitasi dan akhirnya saya langsung mengajukan diri,” tukasnya.

Tercatat, jumlah pemohon SIM D di Mapolres Tegal mencapai sembilan orang. Dari jumlah tersebut, keseluruhan dinyatakan lulus dan layak memiliki SIM. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.