Santri Jawa Timur Ngabuburit Bikin Wayang Rotan di Semarang

Sasaran yang awalnya anak-anak dan remaja, malah diikuti ibu-ibu.

SEMARANG – Ada beragam cara untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa di bulan Ramadan. Biasanya dengan berkumpul, ngobrol bahkan menggelar kegiatan bersama.

Ikatan Santri Salafiyah Syafiiyah (Iksass) Rayon Jawa Tengah, Situbondo, Jawa Timur menggelar pesantren kilat di Kampung Juwono, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Foto: metrojateng.com

Seperti yang dilakukan Ikatan Santri Salafiyah Syafiiyah (Iksass) Rayon Jawa Tengah, Situbondo, Jawa Timur yang menggelar pesantren kilat di Kampung Juwono, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Dalam kesempatan itu, santri menggandeng karang taruna setempat menggelar pelatihan membuat wayang rotan.

Menariknya, kegiatan itu diikuti anak-anak usia SD, remaja, hingga emak-emak. Mentor langsung dihadirkan dari Rumah Aksara Jepara, yang selama ini fokus mengembangkan wayang rotan.

Ketua Panitia Pesantren Kilat Iksass, Arin Imarotul Mufidah mengatakan bahwa pesantren kilat kali ini bukan hanya memprogramkan kegiatan keagamaan di masyarakat. Tapi juga menumbuhkan ruang kreatif.

Anak-anak hingga emak-emak antusias belajar bikin wayang rotan. Foto: metrojateng.com

“Kebetulan pengembang wayang rotan Jepara alumni dari santri di pondok pesantren yang sama dari kami. Sehingga kami ajak kerja bareng,” ujarnya, Minggu (19/5/2019)

Sebelum pelatihan dimulai, acafa dibuka dengan mengaji dan bersolawat bersama. “Ini di luar dugaan. Sasaran yang awalnya anak-anak dan remaja, malah diikuti ibu-ibu. Alhamdulillah waktunya pas buat ngabuburit,” paparnya.

Pesantren kilat, tutur dia, merupakan program tahunan Iksass pusat. “Pesantren kami punya ikatan santri di tiap rayon daerah mulai dari Sabang sampai Merauke. Nah, tiap bulan Ramadan bikin pesantren kilat di masing-masing daerahnya, biasanya satu pekan sebelum akhirnya liburan di rumah,” ungkapnya.

Wildan siswa kelas 3 SD mengaku senang bisa mengikuti pelatihan wayang rotan. “Buatnya susah tapi senang. Aku tadi bisa buat tapi kurang bagus. Wayang rotan yang saya buat saha kasih bapak untuk mendongeng,” pungkasnya. (MJ-23)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.