Sanksi Tak Membuat Wajib Pajak Taat

ilustrasi
ilustrasi

KUDUS – Ternyata sanksi yang diberikan kantor pajak pratama (KPP) Kudus kepada wajib pajak (WP) masih belum mempan. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak WP yang ngemplang pajak. Itu disampaikan Kepala KPP Kudus, Udianto, Jum’at (20/2).

Lebih lanjut Udianto menyampaikan, sanksi yang diberikan kepada WP berbeda anatar WP pribadi maupun badan. Untuk sanksi WP orang pribadi sendiri adalah Rp 100 ribu. Sedangkan untuk badan, sanksinya adalah Rp 1 juta. “Tapi sampai saat ini masih banyak WP yang nunggak pajak. Terkadang untuk melaporkan SPT tahunannya saja mereka tidak mau,” ujar Udianto.

Saat ini melaporkan pajak dinilai sudah sangat mudah. Cukup dengan melakukan pelaporan secara online atau e-filling yang bisa dilakukan di manapun. Tetapi ada batasan waktu pelaporan yang harus ditaati WP.

”Batas waktu pelaporan untuk WP perorangan adalah 31 Maret, sedangkan WP badan adalah 30 April. E-filling ini sudah berjalan empat tahun, seharusnya semua wajib pajak bisa melakukan pelaporan lewat cara ini,” ujar Udianto.

Meski sudah empat tahun berjalan, namun jumlah WP yang memanfaatkan layanan e-filling belum banyak. Dari 70 ribu WP yang terdaftar, baru empat ribuan saja yang memanfaatkan jasa ini. (MJ-17)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 51 = 59

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.