Sandiaga Penasaran Tempe Gembus Magelang

Tempe gembus merupakan bentuk kreativitas dan inovasi dari masyarakat Magelang, karena ampas tahu bisa dijadikan makanan.

MAGELANG – Calon wakil pesiden, Sandiaga Uno penasaran dengan tempe gembus yang dijual di Pasar Rejowinangun Kota Magelang. Ia mengaku baru pertama kali ini melihat tempe yang bentuknya seperti teropong itu.

Sandiaga Uno menyambangi Pasar Rejowinangun Magelang, Sabtu (17/11/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Saya belum pernah lihat, baru pertama kali lihat bentuknya seperti teropong. Mudah-mudahan bisa meneropong ekonomi 2019 lebih baik,” katanya, Sabtu (17/11/2018).

Saat itu, Sandi baru saja menemui beberapa pedagang, seperti pedagang daging dan sayur. Ketika memasuki los tempe tahu, ia melihat ada tempe yang dibentuk seperti teropong namun berbahan dasar ampas tahu. “Namanya tempe apa bu?” tanyanya kepada Walimah yang berjualan tempe.

Pria yang juga pengusaha ini mengatakan, tempe gembus merupakan bentuk kreativitas dan inovasi dari masyarakat Magelang, karena ampas tahu bisa dijadikan makanan. Ia pun merasa yakin dengan adanya kreativitas dari warga terlebih pelaku UMKM, maka ekonomi masyarakat bisa dipertahankan ban bahkan semakin baik.

Mantan twakil Gubernur DKI Jakarta ini juga mengungkapkan, kedatangannya ke Pasar Rejowinangun yang merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Magelang, adalah untuk mengonfirmasi dan memfalidasi data yang didapat bahwa terdapat varian harga di pasar satu dengan lainnya.

Dari hasil dialog dengan beberapa pedagang, ia melihat ada pelemahan ekonomi yang mengakibatkan omzet pedagang menurun, demikian juga dengan daya beli masyarakat. “Saya berharap pelemahan ekonomi tidak¬† membuat para pelaku UMKM patah semangat dalam membangkitkan lagi ekonomi Indonesia,” katanya.

Selain ke Pasar Rejowinangun, Sandiaga sebelumnya juga berkunjung ke sentra kerajinan tanduk di Pucang Secang. Kemudian mencicipi kuliner gudeg, juga mengadakan pertemuan dengan purnawirawan eks batalyon 407 di hotel Puri Asri. Sandi juga menemui beberapa kyai di Temanggung, seperti Kyai Yakub dan mantan bupati KH Hasyim Afandi. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.