Sampah Plastik Dominasi Isi TPA di Solo

image

SOLO- Rencana dukungan kota Solo, sebagai salah satu kota yang mendukung penerapan plastik berbayar pada 21 Februari mendatang, tampaknya bukan tanpa alasan. Pasalnya, jumlah sampah plastik di Kota Bengawan terus meningkat.

Pada 2012 saja, tercatat komposisi jumlah sampah plastik mencapai 12.30 persen. Sedangkan, 2013 dan 2014, jumlah sampah plastik naik menjadi 13.39 persen dari keseluruhan sampah di TPA.

“Sampah plastik penyumbang terbanyak kedua, setelah sampah organik. Sehingga perlu ditekan penggunaannya, apalagi penguraian sampah plastik dengan tanah sulit,” jelas Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Tutik Mulyani kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, selain itu masyarakat juga harus memiliki kesadaran saat membuang sampah. Terlebih lagi, pihak DKP sudah memberikan fasilitas tempat pembuangan, yakni antara sampah organik, maupun non-organik dipisah. Namun sayang, terkadang masyarakat masih seenaknya dalam membuang sampah.

“Kalau sampai ini, pembuangannya juga masih kami campur aduk. Padahal, ini sudah harus kami pisah. Terlebih lagi, saat ini Kota Solo menjadi salah satu pilot project pengelolaan sampah. Sehingga semua harus mulai diperhatikan,” harapnya. (MJ-03)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

1 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.