Sambut Ramadhan, Masyarakat Kalinyamatan Gelar Pesta Baratan

Arak-arakan sosok Ratu Kalinyamat dalam Pesta Baratan di Jepara, Senin (1/6). (Metro Jateng/Rhobi Sani)
Arak-arakan sosok Ratu Kalinyamat dalam Pesta Baratan di Jepara, Senin (1/6). (Metro Jateng/Rhobi Sani)

JEPARA – Usai kumandang adzan Isya, masyarakat Kecamatan Kalinyamatan mulai memadati ruas jalan raya Jepara – Semarang, tepatnya di ruas jalan di depan kantor Kecamatan Kalinyamatan hingga Desa Kriyan, Senin (1/6). Ribuan masyarakat berdiri di tepi jalan menyambut Ratu Kalinyamat yang diarak para dayang dan pasukan kerajaan, serta muda-mudi membawa lampion.

Mengenakan kebaya warna hijau, naik kereta kuda, diiring dayang dan pasukan kerajaan, pemeran sosok Ratu Kalinyamat menyusuri jalan sejauh lebih dari 1 Km. Dimulai dari masjid tertua di Desa Kriyan, Masjid Al Makmur, menuju kantor kecamatan setempat.

Ya, itulah gambaran rangkaian acara Pesta Baratan. Pesta rakyat ini telah menjadi tradisi masyarakat Kalinyamatan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Perhelatan rutin setiap tahun ini dilangsungkan setiap malam Nisfu Syaban.

Panitia Pesta Baratan Winahyu Widayati, menyampaikan, Pesta Baratan merupakan budaya masyarakat Kalinyamatan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Dimana setiap malam Nisfu Syaban, dahulu kala masyarakat Kalinyamatan terutama anak-anak dan kaum muda pawai berjalan keliling desa-desa dengan membawa impes (lampion), obor, dan alat penerangan tradisional lainnya.

“Kalau sekarang Pesta Baratan kami kemas sedemikian rupa agar bisa dinikmati masyarakat luas. Disamping itu, kami ingin nguri-nguri budaya yang sudah lama ada di Kalinyamatan ini,” ujar Winahyu Widayati.

Sebelum Pesta Baratan dimulai, masyarakat dan peserta arak-arakan mendapat wejangan dari pemuka agama desa setempat. Selian pengajian, ada pula ritual selamatan bersama.

“Kemudian penutupnya pentas kesenian seperti tari kreasi baru, pembacaan puisi, pentas musik,” tutupnya. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 39 = 48

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.