Sambut Ramadan, Ziarah Makam Wali

Rute turing diawali dengan ziarah ke makam Wali Joko kemudian berkeliling menuju makam Sunan Abinawa dan berakhir di makam Kyai Guru di Kaliwungu.

KENDAL – Komunitas dan ormas di Kendal melakukan turing ziarah ke makam wali menjelang bulan Ramadan, Rabu (1/5/2019). Empat makam wali menjadi tujuan turing ziarah mulai dari makam Wali Joko di Masjid Agung Kendal dan berakhir di makam Kyai Guru di Kaliwungu.

Komunitas Ngaji Ngopi Happy melakukan turing ziarah makam wali untuk menyambut datangnya Ramadan. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

 

 

Anggota Komunitas Ngaji Ngopi Happy ini terlebih dulu memanjatkan doa di makam Wali Joko. “Kegiatan sebelum bulan Ramadan ini sengaja dilakukan untuk mempererat silahturahmi antar komunitas dan organisasi massa di Kendal,” kata Gus Basyarahman, Ketua Ngaji Ngopi Happy.

Tahun ini, lanjutnya, rute turing diawali dengan ziarah ke makam Wali Joko kemudian berkeliling menuju makam Sunan Abinawa dan berakhir di makam Kyai Guru di Kaliwungu.

Ziarah ke makam wali ini dilaksanakan untuk mencari berkah dan berdoa agar diberi kesehatan dan rezeki di bulan Ramadan mendatang.

“Masyarakat Jawa sendiri mempunyai tradisi nyadran, berziarah ke makam keluarga. Hal inilah yang menjadi landasan komunitas dan ormas di Kendal berdoa agar mendapatkan barokah, manfaat dan warohmah,” imbuh Gus Basyarahman.

“Kami ingin silahturahmi dengan komunitas dan ormas lain berjalan baik serta mendapat berkah sebelum Ramadan,” ujar Klowor Jatiloyo, peserta turing dari Ormas Pemuda Pancasila. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.