Sambut Mudik Lebaran, Penggantian Rel KA Tawang-Karangjati Dikebut

SEMARANG – Menyambut momentum arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, aktivitas penggantian rel kereta api dikebut. Seperti penggantian rel di jalur Stasiun Tawang Semarang menuju Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan.

rel kereta api
Perbaikan rel kereta api di dekat palang pintu Kampung Bugen, Kelurahan Bangetayu Kulon, Genuk. (foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto)

Penggantian rel terpantau dilakukan para pekerja PT KAI di dekat palang pintu Kampung Bugen, Kelurahan Bangetayu Kulon, Genuk. Ada pekerja memotong rel dengan mesin las, kemudian dilakukan pemasangan bantalan rel yang baru yang sudah tersedia. Selanjutnya diangkut naik truk kontainer.

“Pekerjaannya itu penggantian rel dari tipe R 42 ke tipe rel R 54,” ungkap Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, Senin (7/5). Suprapto menyatakan penggantian rel hanya dilakukan di sisi timur sepanjang 25 Kilometer. Sementara rel sebelah barat tidak dilakukan penggantian.

Ia memperkirakan penggantian rel bakal tuntas sebelum masa angkutan Lebaran 2018. Karenanya, sejumlah pekerja diminta menggarap penggantian rel di sela waktu kosong perjalanan kereta api.

Suprapto berharap penggantian rel tidak akan mengganggu jadwal perjalanan kereta berbagai arah dari Semarang. “Di Jateng, terdapat pekerjaan serupa pada banyak titik-titik lain pada tahun ini,” ujar Suprapto. (far)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 2 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.